Karang Taruna Kecamatan Cikoneng, Kabupaten Ciamis mendorong pemuda setempat untuk ikut serta dalam mengembangkan sektor pertanian. Foto/Istimewa

BERITA CIAMIS, PASUNDANNEWS.COM – Karang Taruna Kecamatan Cikoneng ikut serta memeriahkan Hari Krida Pertanian ke 50 yang digelar di lapang Desa/Kecamatan Cikoneng, Kabupaten Ciamis.

Kegiatan tersebut berlangsung selama 3 hari mulai tanggal 6 sampai 8 juni 2022, sebagai rangkaian kegiatan menyambut Hari Jadi Ciamis yang ke 380.

Pada gelaran HKP ke 50 ini, Karang Taruna Kecamatan Cikoneng ikut serta memeriahkan dengan mendirikan stand karang taruna.

Tidak banyak produk pertanian yang di pamerkan, tetapi stand karang taruna di desain sebagai tempat berkumpul dan diskusi para pemuda.

“Kita menekankan pada penguatan gagasan pemuda dalam ketahanan pangan, dan seputar pertanian pada umumnya,” kata Ketua Karang Taruna Cikoneng, Subastian, Rabu (8/6/2022).

Menurutnya, pertanian merupakan salah satu sektor yang potensial khususnya di wilayah Kecamatan Cikoneng yang harus dijaga dan dikembangkan.

Salah satu caranya lanjut Subas yaitu dengan mendorong para pemuda untuk terlibat secara langsung dalam sektor pertanian. Melalui wadah Taruna Tani.

Hal ini sejalan dengan misi Karang Taruna Cikoneng yaitu menjadikan karang taruna sebagai wadah kolaborasi potensi pemuda.

“Kegiatan ini merupakan permulaan bagi kami, mulai dari pendataan pemuda yang aktif pada sektor pertanian, kemudian menggelar diskusi – diskusi kecil,” tuturnya.

Salah satu petani muda Kecamatan Cikoneng, Aos Firdaos menyampaikan pentingnya karang taruna untuk mewadahi potensi pemuda dalam bidang pertanian.

“Karang Taruna melalui Taruna Taninya sebagai wadah agar para pemuda lebih semangat dan mau terjun langsung mengurusi bidang pertanian,” kata Aos

Pada kesempatan tersebut, Aos yang juga pengurus Karang Taruna ikut memamerkan produk minuman pletok yang merupakan produk olahannya sendiri.

“Minuman pletok ini merupakan olahan rempah – rempah yang kami racik sendiri. Minuman ini sangat baik untuk kesehatan tubuh,” katanya. (Adm/PasundanNews.com)

Artikel sebelumyaGarda Suara Bangsa Gelar Aksi Tolak Anies Baswedan Capres 2024, Korlap: Pengalaman Pilkada DKI Jangan Terulang
Artikel berikutnyaGedung Dakwah Islam Segera Dibangun Di Cijeungjing Ciamis