Kampung Siaga Bencana (KSB) dan Tagana Masuk Sekolah (TMS) resmi dibentuk di Kabupaten Ciamis. Foto/Istimewa

BERITA CIAMIS, PASUNDANNEWS.COM – Kampung Siaga Bencana (KSB) dan Tagana Masuk Sekolah (TMS) resmi dibentuk di Desa Sukajaya, Kecamatan Rajadesa, Kabupaten Ciamis.

Pembentukan tersebut dinisiasi oleh Kementerian Sosial Republik Indonesia.

Di samping itu, Wakil Bupati Ciamis, Yana D Putra mengapresiasi pembentukan Kampung Siaga Bencana tersebut.

Ia mengutarakannya saat memimpin apel fasilitasi yang digelar di Lapangan Desa Sukajaya Rajadesa, Jum’at (2/9/2022).

Untuk diketahui Kampung Siaga Bencana (KSB) merupakan model pendekatan penanggulangan bencana berbasis masyarakat untuk mengubah pola pikir dan pola tindak masyarakat dalam penanggulangan bencana.

“Apresiasi dan ucapan terima kasih saya sampaikan kepada tim Kementerian Sosial RI yang sudah memfasilitasi pembentukan kampung siaga bencana dan tagana masuk desa di Tatar Galuh Ciamis,” ucap Yana.

Menurutnya, Tatar Galuh Ciamis merupakan salah satu kabupaten yang rawan bencana di provinsi Jawa Barat.

Sehingga, sebagai wujud partisipasi masyarakat dalam penanggulangan bencana mutlak diperlukan.

“Wujud partisipasi masyarakat tersebut adalah kesiapsiagaan mereka terhadap segala sesuatu yang dilakukan untuk menghadapi kemungkinan terjadinya bencana,” terangnya.

Meningkatkan Kesiapsiagaan Masyarakat Tatar Galuh

Untuk menciptakan kondisi siaga tersebut, lanjut Yana, masyarakat perlu dibekali serangkaian pengetahuan dan keterampilan yang berhubungan dengan bencana dan salah satunya adalah melalui pembentukan KSB dan TMS.

Ia berharap dengan adanya KSB tersebut dapat dimanfaatkan oleh masyarakat, guna meningkatkan pengetahuan dan keterampilan dalam melakukan berbagai kegiatan pengurangan risiko bencana dan penanggulangan bencana.

“Kita semua berharap mudah-mudahan dengan telah dibentuknya KSB ini dijadikan momentum untuk memotivasi kita semua. Agar lebih meningkatkan kesiapsiagaan masyarakat dan meluaskan jangkauan wilayah siaga bencana di Tatar Galuh Ciamis,” paparnya

Dalam kesempatan tersebut Wakil Bupati Ciamis menyerahkan isi lumbung sosial dari Kementrian Sosial sebesar Rp 146.851.210 kepada pengurus KSB Rajadesa. (Herdi/PasundanNews.com)

Artikulli paraprakProgram Rutilahu Tahun 2023 di Ciamis Masih dalam Tahap Pengajuan
Artikulli tjetërDPC Partai Demokrat Ciamis Gelar Rapat Pemenangan Pemilu 2024