Bupati Ciamis, Hendiat Sunarya saat mendatangi rumah milik pasangan suami istri Dikun dan Rustini di Dusun Sukalila Desa Kepel Kecamatan Cisaga. Foto/Istimewa

BERITA CIAMIS, PASUNDANNEWS.COM – Warga Dusun Sukalika, Desa Kepel, Kecamatan Cisaga, Kabupaten Ciamis kedatangan Bupati Herdiat Sunarya yang secara tiba-tiba.

Hal ini membuat pasangan suami istri kaget dan terharu, mengingat kondisi rumahnya yang memprihatinkan dan sudah tidak layak huni.

Sebagai bentuk kepeduliannya terhadap masyarakat, untuk kesekian kalinya Bupati Ciamis, merespon cepat saat melihat warganya yang membutuhkan bantuan.

Untuk diketahui, Bupati Ciamis memberikan bantuan rumah tidak layak huni (Rutilahu) kepada pasangan suami istri Dikun dan Rustini, warga Desa Kepel, Kecamatan Cisaga, pada Selasa (10/1/2023).

Rumah dari pasutri tersebut semi permanen dan kondisinya sudah rusak dan nyaris ambruk.

Prihatin dengan kondisi tersebut, tidak pikir panjang Bupati pun langsung memberikan bantuan pembangunan Rutilahu.

“Kami merasa kaget sekaligus bahagia Pak Bupati tiba-tiba datang meninjau rumah dan memberikan bantuan kepada kami,” ucap Dikun.

Sementara itu, Rutilahu diberikan secara spontan, pada saat itu Bupati Ciamis sedang melakukan monitoring pembangunan jalan yang sudah dikerjakan di tahun 2022 dan yang akan dibangun pada tahun ini.

“Tadi sedang memantau hasil pembangunan jalan, kemudian melihat ada rumah warga yang tidak layak huni dan kondisinya sudah memprihatinkan,” ujar Herdiat.

Ia pun menyebut bantuan pembangunan Rutilahu tersebut akan secepatnya dilakukan dengan berkoordinasi secara langsung kepada Pemerintah Desa setempat.

“Kebetulan keluarga pak Dikun ini berada di lahan sendiri. Sehingga lebih mudah untuk memberikan bantuan Rutilahu. Bisa secepatnya dibangun sampai selesai,” ucapnya.

Herdiat berharap bantuan tersebut dapat meringankan beban keluarga ini agar memiliki rumah yang lebih layak.

Bupati Ciamis pun berjanji akan memprioritaskan pembangunan untuk kesejahteraan masyarakat. Baik bantuan langsung maupun bantuan melalui program pemerintah.

“Tentunya kami akan lebih memprioritaskan kesejahteraan masyarakat. Baik memberikan bantuan langsung ataupun dalam bentuk program pemerintah lainya,” pungkas Herdiat. (Hendri/PasundanNews.com).

Artikulli paraprakBRI Liga 1, Ciro Alves Bawa Persib Raih Kemenagan Atas Persija
Artikulli tjetërCapai Target Realisasi Program, Upaya Disnakan Ciamis Kembalikan Tatar Galuh Jadi Sentra Sapi Pasundan