Foto/Humas Pemda Kabupaten Ciamis

BERITA CIAMIS, PASUNDANNEWS.COM – Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak di Kabupaten Ciamis akan diselenggarakan pada 15 Agustus 2020. Sebanyak 143 Desa dari 27 Kecamatan di Kabupaten Ciamis akan melaksanakan pemilihan langsung.

Dalam mempersiapkan pelaksanaan Pilkades Serentak, Bupati Ciamis bersama unsur Forkopimda dan SKPD terkait menyelenggarakan rapat virtual persiapan pelaksanaan Pilkades serentak dari Aula Sekretariat Daerah Kabupaten Ciamis, Selasa (4/8/2020).

Bupati Ciamis, Dr. H. Herdiat Sunarya mengatakan, Pelaksanaan Pilkades perlu ada persiapan matang untuk menyiapkan segala sesuatunya. Mengingat saat ini masih dalam situasi Pandemi Covid-19.

“Kita harus sukses dalam pelaksanaan Pilkades. Namun juga harus tetap mempedomani protokol kesehatan agar menghentikan penyebaran Covid-19 dan tidak ada klaster baru,” katanya.

Herdiat mengungkapkan, sebanyak 143 Desa yang melaksanakan Pilkades Serentak akan disebar menjadi 553 Tempat Pemilihan Suara ( TPS ).

“Setiap desa akan dibagi menjadi 3 sampai 5 TPS, dengan mempertimbangkan jumlah massa atau pemilih yang ada di Desa bersangkutan,” kata Herdiat.

Menurutnya, dengan tersebarnya 553 TPS, bertujuan untuk mengurangi waktu antrian yang berpotensi pada kerumunan masyarakat yang akan menunaikan hak pilihnya. Untuk kedatangan para pemilih harus diatur dengan pembagian waktu agar tidak menimbulkan penumpukan atau kerumunan massa.

“Diharapkan para Camat harus mampu menjalin kerjasama dengan pihak pengamanan baik TNI, POLRI dan Panitia untuk mengatur jadwal kedatangan atau jumlah pemilih yang datang ke TPS,” tuturnya.

Herdiat menghimbau, agar penyelenggaraan Pilkades untuk mempedomani protokol kesehatan. Pada pelaksanaannya wajib pakai masker, lakukan pengecekan suhu tubuh, harus tersedianya tempat cuci tangan berikut sabun atau hand sanitizer .

“Pilkades serentak harus terlaksana dengan sukses, semoga pelaksanaan pilkades serentak tidak timbul klaster baru kasus Covid-19. Kita mengharapkan sukses dalam pelaksanaan, sukses administrasi dan tentu sukses untuk semuanya ,” pungkasnya. (Hen02/Pasundannews.com)

Artikulli paraprakRatusan Anggota SPN Gruduk IDI Sukabumi, Malpraktek dan Pungli Jadi Pemicu
Artikulli tjetërJelang HUT RI ke 75, Pedagang Bendera dan Umbul-Umbul di Ciamis Mulai Bermunculan