Foto/Prokopim Setda Kabupaten Ciamis

BERITA CIAMIS, PASUNDANNEWS.COM – Menjelang Hari Jadi Ciamis ke-379 yang jatuh pada tanggal 12 Juni 2021, Bupati Ciamis dan Wabup Ciamis beserta Forkopimda ziarah ke makam leluhur Galuh, Kamis (10/6/2021).

Tidak jauh berbeda dengan tahun sebelumnya, ziarah kali ini berlangsung sederhana dengan menerapkan protokol kesehatan ketat.

Rombongan ziarah berangkat dari Pendopo Bupati Ciamis. Kegiatan mulai pukul 08.30 WIB ke makam Raden Adipati Arya Panji Jayanegara (1635–1678).

Adipati Arya merupakan Bupati pertama bertempat di makam Ciwahangan Girang Desa Imbanagara Ciamis.

Kemudian pukul 09.00 WIB ke makam Raden Tumenggung Wiradikusumah (1814–1819) yang merupakan Bupati ke-14 bertempat makam Cigadung Desa Imbanagara Ciamis.

Ziarah ketiga pukul 09.30 WIB ke makam Raden Adipati Kusumahdiningrat (1839–1886) merupakan Bupati ke-16 bertempat di makam Jambansari Selagangga Ciamis.

Kemudian ziarah keempat pukul 10.00 WIB ke makam Raden Adipati Arya Kusumah Subrata (1886–1914) yang merupakan Bupati ke-17 bertempat di makam Sukasirna Ciamis.

Lalu ziarah kelima pukul 11.15 WIB di makam leluhur Astana Gede Kawali. Mengawali ziarah dengan do’a bersama dan tabur bunga.

Bupati Ciamis, Herdiat Sunarya mengatakan, napak tilas atau ziarah ini rutin laksanakan setiap tahunya dan termasuk salah satu acara inti menjelang hari jadi Ciamis.

“Pelaksanaan kegiatan ziarah secara sederhana dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat,” ucapnya.

Menurut Herdiat, napak tilas ini untuk mengenang Bupati Galuh terdahulu. Karena jasa mereka yang bisa memajukan dan mengharumkan Kabupaten Ciamis pada masa pemerintahannya.

Sehingga bisa memotivasi pemimpin Ciamis sekarang dan masyarakat pada umumnya untuk mengikuti jejak bupati terdahulu dalam memajukan Tatar Galuh Ciamis.

“Majunya Tatar Galuh saat ini tidak terlepas dari jerih payah Bupati masa lalu,” ucapnya.

Meski pelaksanaannya secara sederhana, namun peringatan hari jadi Ciamis ke 379  harus tetap memberi makna dan semangat.

“Untuk senantiasa menghargai jasa para pendahulu kita dalam melahirkan Ciamis,” ungkapnya.

Dalam perayaan hari jadi Kabupaten Ciamis tahun 2021 hanya dilaksanakan 3 kegiatan inti. Pertama, ziarah Napak tilas ke makam Bupati Galuh.

Kemudian pidato Bupati Ciamis dan yang ketiga rapat paripurna yang dilaksanakan secara live streaming dan virtual.

Artikulli paraprakHMI Kritisi Enam Program Unggulan Bupati Ciamis dalam Perencanaan Pembangunan Daerah
Artikulli tjetërJamu Kesbangpol Lubuklinggau dan Blitar, Patriot Siliwangi Sejati Serahkan Pigura Wangsit Siliwangi