Wakil Bupati Ciamis, Yana D Putra saat menerima penghargaan Anugerah Meritokrasi dari Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN). Foto/Istimewa

BERITA CIAMIS, PASUNDANNEWS.COM – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Ciamis kembali menorehkan prestasi di akhir tahun 2022.

Kali ini Pemkab Ciamis mendapat penghargaan Anugerah Meritokrasi dengan kategori baik dalam penerapan sistem merit dari Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN).

Penyerahan penghargaan tersebut terima langsung oleh Wakil Bupati Ciamis, Yana D Putra dari Ketua Komisi ASN bertempat di Hotel Grand Sahid Jakarta Pusat, Kamis (08/12/2022).

Selain Pemkab Ciamis, terdapat sebanyak 173 instansi pemerintah yang mendapat penghargaan anugerah Meritrokasi dari KASN dengan kategori ‘Sangat Baik’ maupun kategori ‘Baik’.

Untuk diketahui, penilaian yang dilakukan oleh KASN berdasar pada pertimbangan capaian 8 aspek Penerapan Sistem Merit.

Delapan aspek tersebut yakni perencanaan kebutuhan, pengadaan, pengembangan karir, promosi dan mutasi, manajemen kinerja.

Selanjutnya penggajian penghargaan dan disiplin, perlindungan dan pelayanan serta yang terakhir sistem informasi.

Agus Pramusinto, Ketua KASN mengatakan, Anugerah Meritokrasi bertujuan untuk memberikan dukungan dan motivasi kepada instansi pemerintah supaya melakukan
percepatan sistem merit.

“Masih terdapat 243 instansi pemerintah yang belum mencapai kategori baik penerapan sistem merit. Oleh karena itu, berbagai percepatan telah KASN lakukan,” ucapnya.

Untuk periode kali ini kata Agus, pihaknya menetapkan sebanyak 174 instansi pemerintah yang memperoleh kategori ‘Sangat Baik’ dan ‘Baik’.

Dengan rincian kategori merit ‘Sangat Baik’ sebanyak 30 instasi pemerintah dan sebanyak 144 instasi pemerintah dengan kategori ‘Baik’.

Ia menyebutkan bahwa keberhasilan dalam mencapai penerapan sistem merit kategori Baik dan Sangat Baik merupakan buah dari kerja keras seluruh jajaran instansi pemerintah.

“Tentu ini merupakan buah dari kerja keras dari seluruh instasi pemerintah yang berkomitmen untuk terus melakukan perbaikan dalam manajemen ASN-nya,” ungkap Agus.

Kolaborasi dan Komitmen Bersama Seluruh Perangkat Daerah

Sementara itu, Wabup Ciamis mengatakan, penghargaan anugerah Meritokrasi ini adalah bentuk komitmen Bupati Ciamis dalam manajemen ASN, terutama dalam hal pembinaan karir pegawai ASN Kabupaten Ciamis.

Yana menyebutkan, sebelumnya Bupati Ciamis telah mengambil langkah-langkah akselerasi perbaikan terhadap delapan aspek penilaian penerapan sistem merit.

“Sehingga atas komitmen bersama dan kolaborasi seluruh perangkat daerah untuk tahun ini diperoleh penghargaan penerapan sistem merit,” ucapnya.

Ia pun merasa bangga dan mengapresiasi atas kerja keras, cerdas, dan cepat seluruh pegawai lingkungan Pemkab Ciamis.

“Penghargaan ini dapat tercapai melalui peran serta seluruh instansi perangkat daerah tanpa terkecuali,” ucapnya. (Hendri/PasundanNews.com)

Artikel sebelumyaBelajar di Sakola Motekar Ciamis, Ini Tanggapan Mahasiswa Australia
Artikel berikutnyaErik Kridasetia Dorong Kerajinan Lokal Ciamis Tembus Mancanegara