Petugas Damkar dibantu Anggota RAPI beserta warga setempat saat memadamkan api yang melahap pabrik sabut kelapa di Dusun Cibelah Desa Sidamulya Kecamatan Cisaga Kabupaten Ciamis. Foto/PasundanNews.com

BERITA CIAMIS, PASUNDANNEWS.COM – Kebakaran terjadi di Desa Sidamulya, Kecamatan Cisaga, Kabupaten Ciamis.

Musibah tersebut menimpa pabrik sabut kelapa milik Tata Wiguna seorang warga Desa Sidamulya, tepatnya Dusun Cibelah RT 01/RW 01.

Kejadian berlangsung pukul WIB 11.30 WIB, dengan mengakibatkan kerugian material yang dialami pemilik mencapai Rp 15 juta.

Kronologis kejadian, api mulai dipadamkan masyarakat beserta tim pemadam kebakaran dari Rancah, dibantu oleh RAPI dan Tagana setempat sekira pukul 13.30 WIB.

“Beruntung tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut,” terang salah seorang Anggota RAPI, Ade Kuswaya, Sabtu (25/3/2023).

Selain itu, Ade menjelaskan, keterangan dari saksi mata, api berasal dari percikan dari tungku atau hawu koprah yang merambat ke sabut kelapa pinggir tungku.

“Juga minimnya sarana untuk memadamkan api, seperti air dan sarana lain di lokasi, jaraknya agak jauh dari pabrik tersebut,” ungkapnya.

Ade menuturkan, adanya kebakaran pabrik ini tentunya bisa menjadi perhatian bersama dalam upaya pencegahan kebakaran.

Ia juga mengingatkan dan mengajak masyarakat untuk selalu berhati-hati dalam beraktivitas sehari-hari dengan mengunakan api.

“Kurangnya fasilitas dan antisipasi menjadi perhatian bersama untuk mencegah kebakaran terjadi lagi,” tandasnya. (Hendri/PasundanNews.com)

Artikulli paraprakPenambangan Ilegal di Sukabumi Merusak Alam dan Infrastruktur
Artikulli tjetërPerubahan Nama Kabupaten Menjadi Galuh, Ini Tanggapan Ketua GP Ansor Ciamis