(Foto/Istimewa)

PASUNDANNEWS.COM, CIANJUR – Ikatan Wanita Pengusaha Cianjur (IWAPI) bersama Junior Chamber Indonesia (JCI) Cianjur terus konsisten untuk memajukan para pelaku pengusaha perempuan pengusaha di Cianjur. Salah satunya dengan memperkenalkan pelaku usaha UMKM kepada dunia digital.

Ketua JCI Cianjur Ikhsan Waluyo mengatakan, pembinaan yang dilakukannya agar pelaku usaha Cianjur bisa melesat di era digital. Selain itu pembinaan juga diarahkan dalam hal perbankan untuk permodalannya.

“Pelatihan dan pembinaan ini sukses berkat kolaborasi kami bersama IWAPI, dan Pemkab Cianjur. Kami rampung melakukan pembinaan terhadap 57 perwakilan pelaku usaha perempuan di tujuh desa di Kecamatan Pacet,” paparnya.

Pria yang akrab disapa Sansan ini menambahkan dengan melalui pembinaan akses jaringan bisa terbuka luas pemasaran. Intinya dengan pelatihan secara berkala bisa mengangkat potensi UMKM di Pacet.

“Para pelaku usaha harus mengetahui dunia digital.
Mereka harus melek digital, kreatif, dan terus berinovasi. Pelaku usaha juga harus membangun jaringan untuk promosi produknya,” papar Ketua Ikatan Wanita Pengusaha Cianjur, Lina Sumarlina.

Dirinya mengatakan, di Cianjur saat ini ada 350 anggota pengusaha wanita. Menurutnya potensinya sangat bagus untuk membina supaya lebih maju dan melek digital.

“Segala sesuatu harus berpikir positif memanfaatkan situasi sekarang, kami selalu mengadakan pelatihan digital marketing, kepemimpinan, menjadi entrepreneur,” katanya.

Ditambahkannya untuk produk yang dikenalkan dalam pameran di antaranya produk kuliner, kerajinan, dan batik.

Sementara iru Ketua Asosiasi UMKM Cipanas dan Cianjur Asbim Misbahudin menyambut baik dengan adanya pelatihan pelaku UMKM. Menurutnya pelatihan seperti ini dapat membantu para UMKM untuk lebih maju.

“Saya menginginkan pelatihan seperti ini bisa dilaksanakan secara rutin. Sejauh ini baru pihak swasata yang mengadakan pelatihan sedangkan instansi pemerintah terbilang jarang diharapkan bisa meningkatkan taraf ekonomi dan daya beli masyarakat yang bisa menunjang kepada indeks pembangunan manusia di Cianjur semuanya,” pungkasnya. (fhn)

Artikulli paraprakHIMASI Tuntut Pemkot Sukabumi ‘Carut Marut’ Pembangunan
Artikulli tjetërIwan Saputra : Selamat Hari Pers Nasional 2020