RSUD Kabupaten Ciamis. Foto/Istimewa

BERITA CIAMIS, PASUNDANNEWS.COM – Inovasi Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kabupaten Ciamis terus tingkatkan kualitas pelayanan kesehatan kepada masyarakat.

Di tahun 2023 ini, inovasi tersebut salah satunya dengan membuka metode operasi katarak modern yaitu phacoemulsifikasi.

Untuk diketahui, metode operasi katarak modern ini merupakan pelayanan baru di RSUD Ciamis pada tahun 2023.

“Operasi tersebut bisa dilaksanakan secara singkat, mudah dan lebih aman,” ujar Direktur RSUD Ciamis, dr. Rizali didampingi Kabid Pelayanan dr Bayu Yudiawan, Senin (6/2/2023).

Dengan metode phacoemulsifikasi, proses penyembuhan operasi menjadi lebih cepat.

“Penyembuhan lebih cepat, karena metode yang dilaksanakan berbeda dengan cara konvensional,” ungkapnya.

Pelayanan operasi katarak dengan metode phacoemulsifikasi ini sudah bisa dicover oleh BPJS. Sehingga masyarakat peserta BPJS tak perlu khawatir.

“Alhamdulilah, sesuai dengan penandatangan MOU bersama BPJS dan RSUD Ciamis, terhitung dari Januari tahun 2023, bahwa pelayanan operasi katarak menggunakan metode phacoemulsifikasi bagi peserta BPJS sudah bisa tercover,” jelasnya.

dr Bayu menerangkan, alur sebelum melaksanakan operasi katarak, pasien terlebih dahulu melakukan pemeriksaan di bagian poli pada hari Senin, Rabu dan Jumat.

“Sebelum masuk operasi, pasien terlebih dahulu diperiksa dikarenakan ada beberapa proses tahapan pemeriksaan sebelum masuk ke metode operasi phacoemulsifikasi,” katanya.

Ia berharap, masyarakat Kabupaten Ciamis bisa mendapatkan pelayanan kesehatan dan perlindungan keselamatan dengan adanya inovasi sistem pelayanan kesehatan di RSUD Ciamis.

Pasalnya, menurut dr Bayu akan menjadi motivasi RSUD Ciamis untuk terus meningkatkan sebuah pelayanan kesehatan bagi masyarakat.

“Sesuai apa yang menjadi harapan Bupati Ciamis pelayanan akan terus dioptimalkan. Terima kasih kepada masyarakat tatar Galuh Ciamis yang telah mempercayai kami sebagai rumah sakit rujukan berobat,” tutupnya. (Herdi/PasundanNews.com)

Artikulli paraprakAnggota DPR RI Agun Gunandjar Raih Gelar Doktor Administrasi Negara di STIA LAN Jakarta
Artikulli tjetërGerakan Pemuda Ansor Ciamis Gelar Tasyakuran dan Refleksi 1 Abad NU Tahun 2023