Eden Suhendar, Calon Kepala Desa Sukamulya Kecamatan Cikembar Kabupaten Sukabumi (foto: Istimewa)

PASUNDANNEWS.COM, SUKABUMI – Dari keenam bakal calon Kepala Desa (Kades) Sukamulya, Kecamatan Cikembar, Kabupaten Sukabumi, terdapat nama Eden Suhendar. Ia lulus uji kompetensi bakal calon kades menduduki peringkat pertama dengan nilai 256 poit. Tes sendiri dilakukan oleh Tim seleksi yang dilaksanakan di Kampus STISIP Widyapuri Mandiri beberapa waktu lalu.

Siapakah Eden Suhendar?

Eden Suhendar ternyata mantan ketua BPD Desa Sukamulya. Ia juga pernah menjabat sebagai Kades Sukamulya pada periode 2003-2008. Sebelum dipercaya menjabat ketua BPD, Eden pun pernah menjabat sebagai staff Desa Sukamulya periode 1996-1999.

Pria kelahiran 6 Maret 1965 itu dalam tes uji kompetensi yang dilakukan oleh timsel dari akademisi Sukabumi mengalahkan Bakal Calon Kades incumbent yaitu Ade Rosidin di peringkat kedua dengan selisih 35 poin, Sementara diperingkat ketiga ada Dudun Ibrahim dengan nilai 217 dan disusul oleh Pahruroji 210 dan Sutanta 205 poin, sementara itu Bakal Calon Kades yang tidak lulus yaitu Dadan Saripudin dengan perolehan nilai 160 poin.

Bapak empat orang anak itu, sehari-hari menjadi seorang wiraswasta dibidang furniture yang bertempat di Kampung Cipetir RT 3/1 Desa Sukamulya. Suami dari Lilis Holisoh itu pun, bertekad menjadikan Sukamulya yang bersih dan tertib administrasi serta mendorong insfratuktur yang merata di wilayah Desa Sukamulya.

Sementara itu, Afriza Chandra salah seorang pemerhati sosial dan politik di desa Sukamulya mengatakan, dengan perolehan nilai tertinggi dalam tes, tentu Eden Suhendar berpotensi memenangkan pilkades sukamulya yang akan digelar 17 November mendatang.

“Jika memang Eden dikhendaki menduduki jabatan kades. Ia harus mampu membawa desa sukamulya kearah lebih baik. Namun tidak segampang itu, tentu ia harus memilik tim yang solid dan bisa meraih simpati masyarakat,” kata Chandra, (24/10/2019)

Menurutnya, pemilihan kepala desa Sukamulya diprediksi bakal menjadi pertarungan pilkades paling sengit periode ini. Pasalnya, ada tiga orang cakades yang pernah menduduki jabatan Kades di Sukamulya.

“Sudah tentu, ketiga Cakades ini akan bertarung habis-habisan dengan kemampuan dan pengalamannya yang pernah memenangkan kontestasi pilkades di Sukamulya, ditambah waktu kampanye ditetapkan hanya tiga hari. Tentu itu sangat menarik,” katanya.

Tidak hanya itu, kedua cakades baru pun tidak ingin kalah pamor, keduanya kini dipastikan sedang menuyusun strategi dan terlihat akan memperlihatkan taringnya untuk memenangkan perhelatan pilkades Sukamulya.

“Semoga saja, perhelatan pilkades kali ini berjalan kondusif dan bisa melahirkan Kades yang peduli terhadap ekomoni, lingkungan serta kesejahteraan masyarakat Sukamulya,” tutupnya. (pasundannews/Arch)

Artikulli paraprakJokowi Lantik Kabinet Baru, SPI Jabar: Bersama Petani jalankan Reforma Agraria dan Kedaulatan Pangan
Artikulli tjetërIwan-Atam Diprediksi Jadi Paketan Ideal Pada Pilkada Kabupaten Tasikmalaya