Kepala Dinas Kesehatan Kota Banjar, H. Saefudin saat memberikan sambutan dalam acara HUT IBI ke 72 di aula Hotel Mandiri, Kota Banjar, Jawa Barat, Sabtu (2/11/2023). Foto/Hermanto.PasundanNews.com

BERITA BANJAR, PASUNDANNEWS.COM – Sabtu, 2 Desember 2023, menjadi hari istimewa bagi Ikatan Bidan Indonesia (IBI) yang merayakan ulang tahun ke-72 mereka.

Aula salah satu hotel di Kota Banjar, Jawa Barat, menjadi saksi perayaan yang dihadiri oleh 304 anggota IBI Kota Banjar.

Ketua Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Kota Banjar, Sulawati Rahayu mengatakan, peran penting bidan dalam pelayanan kesehatan dan mengapresiasi dedikasi mereka dalam mendukung kesejahteraan masyarakat.

Sulawati menegaskan betapa pentingnya memperkuat ikatan profesi ini untuk meningkatkan kualitas layanan kesehatan.

“Berharap peresmian sekretariat ini menjadi langkah awal menuju kolaborasi yang lebih efektif dan sinergis di antara para bidan di Kota Banjar,” ucapnya.

Pihaknya juga menekankan adanya peningkatan keterampilan dan pengetahuan bidan, serta mendukung inovasi dalam praktik kesehatan ibu dan anak.

“Saya berharap agar sekretariat IBI Kota Banjar dapat menjadi pusat aktivitas positif, tempat berbagi pengetahuan, dan sarana untuk memperkuat solidaritas antar bidan dalam menjalankan tugas mulia mereka demi kesehatan generasi mendatang,” ujarnya.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Banjar, Saefudin, memberikan tanggapannya yang hangat dan mendukung dalam perayaan HUT Ikatan Bidan Indonesia ke-72.

Saefudin menyampaikan harapannya agar ikatan bidan indonesia terus menjadi pilar penting dalam pelayanan kesehatan masyarakat.

“Peran bidan sangat krusial dalam memberikan perawatan dan dukungan kepada ibu hamil, melahirkan, dan pasangan baru, serta memastikan kelahiran yang sehat dan selamat,” katanya.

Saefudin juga menyoroti kontribusi luar biasa para bidan dalam meningkatkan cakupan kesehatan maternal dan neonatal di Kota Banjar.

Ia juga mengapresiasi terhadap dedikasi dan pengabdian para bidan yang berperan aktif dalam upaya mencapai tujuan pembangunan berkelanjutan di bidang kesehatan.

“Saya berharap bahwa bidan terus bersinergi dengan Ikatan Bidan Indonesia demi peningkatan kesejahteraan masyarakat Kota Banjar,” ujarnya.

Apresiasi Walikota Banjar untuk IBI 

Sementara itu, Walikota Banjar, Ade Uu Sukaesih, mengapresiasi kinerja luar biasa IBI, khususnya dalam menangani isu stunting, dan menegaskan peran penting bidan dalam mencapai tujuan tersebut.

Ade Uu menyebutkan, peresmian sekretariat IBI yang berlokasi di dusun Randegan, Desa Raharja, Kecamatan Purwaharja, menjadi momentum bersejarah. Membuka babak baru dalam mendukung peran bidan di wilayah tersebut.

“IBI memiliki peran luar biasa dalam menghadapi PR untuk menghilangkan stunting tahun depan, yakni pentingnya Pencegahan dan Penanggulangan Masalah Gizi Buruk dan Stunting (P2MGBS). Saya memberikan apresiasi kepada bidan yang bekerja dengan gigih dalam upaya tersebut,” tutur Walikota.

Turut hadir dalam acara tersebut, Sekda Kota Banjar, Soni Harison, dan Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kota Banjar, Budi Hendrawan, Kabag Umum Setda Kota Banjar, Mamat Rahmat.

Perwakilan IBI provinsi Jawa Barat ikut meramaikan perayaan ini, menegaskan solidaritas dan komitmen bersama untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui peran strategis para bidan.

Semoga HUT IBI yang ke-72 ini menjadi tonggak awal yang penuh inspirasi untuk mewujudkan visi kesehatan dan kesejahteraan bagi masyarakat Kota Banjar dan sekitarnya. (Hermanto/PasundanNews.com)

Artikulli paraprakPemkot Banjar Raih Penghargaan Keterbukaan Informasi Publik, Kado Manis untuk Walikota dan Wakil Walikota di Akhir Masa Jabatan
Artikulli tjetërWisata Kuliner Kota Banjar, Saung Darma Steak Batmans Resmi Dibuka di Dusun Margaluyu