Petugas dari Taruna Siaga bencana (Tagana) dan Relawan Ciamis Selatan (RCS) dibantu warga setempat saat membantu mengevakuasi barang-barang yang masih bisa digunakan. Foto/Hermanto.PasundanNews.com

BERITA CIAMIS, PASUNDANNEWS.COM – Rumah milik Adang (76) di Dusun Pangsor, RT 06 RW 02, Desa Ciulu, Kecamatan Banjarsari, Kabupaten Ciamis ambruk pada Minggu, (03/12/2023) dini hari. Selain akibat hujan deras, rumah tersebut juga kondisi bangunannya sudah lapuk.

Kepala Desa Ciulu, Edi Gusnadi mengatakan, peristiwa tersebut terjadi sekitar pukul 03.30 WIB dan tidak menimbulkan korban jiwa karena sebelum kejadian penghuni rumah sudah mengungsi ke rumah anaknya.

“Rumah Pak Adang ambruk akibat terus diguyur hujan deras dan diperparah oleh kondisi bangunan rumah yang sudah lapuk, sehingga kayu untuk penyangga tidak kuat menahan beban genteng yang di rumah tersebut” ujar Edi.

Rumah milik Adang tersebut sudah tidak bisa ditinggali karena rusak yang cukup parah.

Warga dibantu petugas dari Taruna Siaga bencana (Tagana) dan Relawan Ciamis Selatan (RCS), langsung turun ke lokasi membantu mengevakuasi barang-barang yang masih bisa digunakan.

“Alhamdulillah tidak ada korban jiwa atau luka dalam musibah ambruknya rumah tersebut, kami berharap pihak terkait bisa memberikan bantuan mengingat rumah itu sudah tidak bisa ditempati lagi,” imbuh Edi.

Sementara itu, Anggota Tagana Kabupaten Ciamis, Baehaki Efendi menuturkan, rumah milik Adang tersebut kondisinya memang sudah tidak layak huni.

Selain semi permanen, kondisi atap juga sudah lapuk parah. Akibat bencana itu, Baehaki mengatakan bahwa pemilik rumah mengalami kerugian material ditaksir mencapai Rp. 40 juta.

“Penanganan yang dilakukan berupa pembersihan puing-puing bangunan, mengungsikan korban ke rumah anaknya dan melaporkan kejadian tersebut tersebut ke dinas instansi terkait Kabupaten Ciamis” ujar Baehaki.

Baehaki menambahkan, untuk membantu meringankan keluarga korban bencana tersebut, saat ini dibutuhkan logistik kedaruratan seperti terpal, kasur, makanan dan perlengkapan rumah tangga lainnya.

“Masyarakat dan pihak terkait diharapkan dapat memberikan bantuan kepada keluarga Adang, hal ini untuk meringankan beban mereka,” pungkas Baehaki. (Hermanto/Pasundananws.com)

Artikulli paraprakGirona Kejar Pemuncak Klasemen La Liga Spanyol
Artikulli tjetërCaleg DPRD Kota Banjar Tanto Supriatna Gelar Kampanye dan Tatap Muka di Babakansari Pataruman