BERITA GARUT, PASUNDANNEWS.COM – HMI (Himpunan Mahasiswa Islam) Komisariat STAI Persis Garut gelar Semaksi.

Kegiatan Semaksi (Sekolah Manajemen Aksi) tersebut berlangsung pada Sabtu-Senin, 3-5 Agustus 2024 di Villa Baleirung Cipepe, Garut.

Kegiatan ini turut mengundang seluruh kader HMI se-Kabupaten Garut, serta menghadirkan narasumber dari sejumlah tokoh pergerakan di wilayah setempat.

Menurut Ketua Umum HMI Komisariat STAI Persis Garut, Robi Setiawan menyampaikan, kegiatan ini merupakan media pembelajaran untuk meningkatkan kritis seorang kader akan pergerakan di kabupaten Garut.

“Hari ini jiwa kritis mahasiswa sedang melemah dan itu akan dibangkitkan kembali oleh para kader HMI Komisariat STAI Persis Garut. Semoga Semaksi ini akan sangat bermanfaat bagi kami,” ujarnya.

Sejurus dengan itu, Ketua Pelaksana Sail Maarij berharap Semaksi ini bisa membawa dampak positif bagi setiap kader HMI Komisariat STAI Persis Garut.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Umum KOHATI Komisariat STAI Persis Garut, Muthia Khoirun Nisa menambahkan bahwa kegiatan ini sangat penting untuk mengasah kritisisme kader dan berdampak positif nantinya.

“Saya sangat mengapresiasi para kader komisariat yang masih menjaga semangat pergerakan dan berbagai kegiatan bernuansa keilmuan,” kata Muthia.

Ia mengatakan bahwa Semaksi ini mengusung tema ‘Terbinanya Kader HMI yang Kritis, Sadar akan Fungsi dan Perannya terhadap Efektivitas Pergerakan’.

Pada kesempatan itu beberapa narasumber juga membongkar pergerakan dulu dan saat ini.

Dengan catatan sejarah mahasiswa yang sangat berperan penting untuk perubahan Indonesia yang lebih baik ke depannya.

“Acara berjalan lancar dan para kader juga terlihat bergembira. Karena bukan hanya menyampaikan materi saja, namun dibarengi dengan kajian issu kedaerahan yang sangat penting ,” ungkap Muthia.

Ia mengatakan, kegiatan Semaksi ini akan sering dilakukan oleh para kader komisariat.

“Semoga ke depannya bisa menyelenggarakan acara yang lebih besar lagi, seperti Semaksi Jilid Dua,” tandasnya.

(Saefullah/PasundanNews.com)