Prosesi pelantikan HMI Cabang Ciamis periode 2023-2024. Foto/Hendri.PasundanNews.com

BERITA CIAMIS, PASUNDANNEWS.COM – Himpunan  Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Ciamis periode 2023-2024 telah resmi dilantik, Sabtu (22/7/2023).

Pelantikan yang berlangsung di Gedung DPRD Ciamis itu mengusung tema ‘Ijtihad HMI ; Menjaga Komitmen Keislaman dan ke-Indonesiaan’.

Sebanyak 36 pengurus baru pun telah diambil sumpah jabatannya oleh Pengurus Besar (PB) HMI melalui Sekretaris Jenderal, Icha Halimudin.

Puluhan alumni yang tergabung dalam Korp Alumni HMI (KAHMI) pun turut menyaksikan prosesi pelantikan tersebut.

Selain itu, tampak hadir pula perwakilan dari unsur pemerintahan, seperti Kadisdik Ciamis, Kapolres, Dandim 0613, unsur Forkopimda beserta jajaran lainnya.

Selanjutnya dari organiasasi mahasiswa seperti PMII, IMM, KAMMI, GMNI serta organisasi ekstra dan intra lainnya.

Ketua HMI Ciamis, Ary Mustamin Muadz menyebutkan, ke depan pihaknya berkomitmen untuk terus berikhtiar dalam membangun kader HMI yang unggul.

“Ijtihad yang kami akan lakukan lebih menitik fokuskan pada bagaimana ikhtiar kita dalam membangun kader-kader yang unggul,” ujarnya.

Ary mengungkapkan, tantangan generasi mahasiswa semakin kompleks. Hal itu disebabkan dengan kompleksitasnya kemajuan teknologi yang semakin masif.

“Terlebih dalam episentrum Keislaman, ke-Indonesiaan. Justru kita harus semakin mampu beradaptasi dengan perkembagan zaman saat ini,” ungkapnya.

Menurutnya, tugas kader HMI saat ini adalah menjaga marwah dalam hal mengalirkan nilai-nilai keumatan dan kebangsaan.

Nilai-nilai keumatan dan kebangsaan ini pun tidak bisa tersampaikan jika tanpa ditopang sikap independensi.

Ary menyebutkan, saat ini banyak pekerjaan rumah yang harus segera selesaikan, evaluasi untuk berbenah diri dan secara bekerjasama menyelesaikan berbagai persoalan di HMI Ciamis.

Ia pun mengajak kepada seluruh kader untuk bersama mengawal dan melaksanakan kaderisasi yang sesuai dengan tujuan bersama organisasi.

Oleh karena itu, perlu adanya kerja sama dari seluruh kader dan alumni agar bisa memaksimalkan berbagai potensi proses kaderisasi HMI Ciamis.

“Semoga kader HMI Ciamis ke depan bisa terus berjuang mewujudkan masyarakat adil makmur yang diridhoi Allah SWT,” katanya.

Apresiasi Pemda Ciamis Terhadap Konsistensi Kaderisasi HMI 

Mewakili Pemkab Ciamis, Kadisdik Ciamis, Dr. H. Asep Saeful Rahmat pun menyampaikan apresiasinya kepada HMI Ciamis.

“Mewakili Pak Bupati Ciamis, kami sampaikan terimakasih dan apresiasi kepada teman-teman mahasiswa HMI Ciamis,” ucapnya.

Ia menyampaikan bahwa HMI sebagai organiasasi mahasiswa telah memberikan sumbangsih pemikiran terhadap pembangunan daerah.

“Konsisten dan sikap kolaborasi HMI Ciamis selama ini telah sedikit banyak memberikan sumbangsih gagasan memalui forum diskusi untuk bersama membangun daerah,” ungkapnya.

H. Asep pun berpesan agar HMI Ciamis tetap konsisten bersama-sama berperan membangun daerah.

Apalagi, sambungnya, saat ini momentum menyambut Indonesia emas dan bonus demografi.

“Semoga HMI Ciamis semakin maju dan tetap menjadi lokomotif pembaharuan bagi pembangunan Kabupaten Ciamis,” tandasnya. (Hendri/PasundanNews.com)

Artikulli paraprakAgun Gunandjar Sebut Nilai Pancasila Harus Tumbuhkan Semangat Pemberdayaan Ekonomi
Artikulli tjetërAnggota MPR RI Tjetjep Muchtar Soleh Sosialisasikan 4 Pilar Kebangsaan bagi 160 Tokoh Agama dan Pemuda Cianjur