Bupati Ciamis, Dr. H. Herdiat Sunarya menjadi Inspektur upacara memperingati Hari Lahir Pancasila 2023. Foto/Ist.

BERITA CIAMIS, PASUNDANNEWS.COM – Hari Pancasila sering diperingati setiap tanggal 1 Juni.

Dalam hal ini, Pemerintah Kabupaten Ciamis gelar upacara peringatan hari Pancasila, pada Kamis (1/6/2023), bertempat di Halaman Pendopo Bupati Ciamis.

Diketahui, peringatan Hari Lahir Pancasila kali ini dilaksanakan dengan mengusung tema ‘Gotong Royong Membangun Peradaban dan Pertumbuhan Global’.

Dalam sambutannya, Bupati Ciamis Herdiat Sunarya menyampaikan tema harlah Pancasila tersebut bermakna bahwa perjuangan bangsa Indonesia masih panjang.

Oleh karena itu penting untuk menjaga dan meningkatkan semangat Pancasila.

Semangat pancasila tersebut dapat melalui gotong royong melaksanakan dan meningkatkan pembangunan serta kesejahteraan masyarakat.

“Kita telah membuktikan bahwa dengan semangat pancasila melalui persatuan dan kesatuan, kita mampu melewati masa-masa sulit,” imbuhnya.

Bupati menjelaskan bahwa pancasila merupakan hasil perumusan dan pemikiran para pejuang bangsa.

Dimana sejarah telah mencatat bahwa Bung Karno sang proklamator kemerdekaan, merenungkan dan merumuskan Pancasila yang selanjutnya sebagai dasar negara.

“Pasca kemerdekaan bangsa Indonesia, Pancasila telah menjadi alat pemersatu bangsa, karena negara indonesia yang terdiri dari berbagai suku bangsa, bahasa dan budaya dapat bersatu dan menjadi kuat karena nilai -nilai pancasila,” jelasnya.

Selanjutnya Herdiat menuturkan bahwa Pancasila juga menjadi semangat dalam menghadapi berbagai tantangan yang dialami bangsa indonesia.

Maka dari itu Ia mengajak kepada seluruh pihak, untuk lebih memahami dan mengamalkan nilai-nilai luhur pancasila upaya mewujudkan Kabupaten Ciamis yang maju mandiri dan sejahtera.

“Mari kita lebih memahami dan mengamalkan nilai-nilai luhur pancasila, semangat gotong royong, persatuan, kebersamaan dan sinergitas dalam upaya mewujudkan kabupaten ciamis yang maju, mandiri dan sejahtera,” tandasnya.(Herdi/PasundanNews.com)

Artikulli paraprakGP Ansor Ciamis Gelar Mujahadah dan Doa Bersama Untuk Jemaah Haji
Artikulli tjetërJumat Berkah, Polsek Bantarujeg Kembali Gelar Giat Gerobak Senyum di Depan Mako Polsek Bantarujeg