Ribuan warga Kota Banjar ikuti jalan sehat Dalam rangka memperingati Hari Koperasi ke-77 tingkat Kota Banjar. Foto/Hermanto.PasundanNews.com

BERITA BANJAR, PASUNDANNEWS.COM – Dekopinda (Dewan Koperasi Indonesia Daerah) dan Dinas KUKMP Kota Banjar menggelar acara jalan sehat, pada Sabtu (27/7/2024).

Dalam kegiatan ini juga turut melibatkan seluruh pengurus koperasi se-Kota Banjar dan diikuti oleh ribuan peserta yang berlangsung di di Taman Kota Banjar

Rute jalan sehat dimulai dari Taman Kota, melewati Jalan Perintis Kemerdekaan, Alun-alun, Jalan Letjen Suwarto, Jendral Hugeng, Tentara Pelajar, dan kembali ke Taman Kota.

Para peserta tampak antusias mengikuti rute yang telah ditentukan sambil menikmati suasana pagi yang segar.

Ketua Panitia, Suryana mengatakan, kegiatan diawali dengan senam sehat yang diikuti oleh semua peserta.

“Tujuan kegiatan ini untuk mempererat tali silaturahmi antar anggota koperasi dan masyarakat juga untuk  meningkatkan kesadaran akan pentingnya kesehatan,” ujarnya.

Selain itu, kegiatan ini juga untuk mendorong pembangunan ekonomi rakyat serta meningkatkan semangat berkoperasi di Kota Banjar.

“Kami juga mengundang kaum milenial, untuk meningkatkan semangat berkoperasi,” tambahnya.

Antusias Warga Ikuti Berbagai Kegiatan 

Dalam kegiatan ini, panitia juga mengadakan bakti sosial  penyerahan santunan kepada 76 anak yatim dan dhuafa, Bekerja sama dengan Baznas Kota Banjar.

Kemudian juga ada kegiatan donor darah bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia (PMI).

Para peserta yang ingin mendonorkan darah mereka tampak berbaris rapi di lokasi yang telah disediakan oleh panitia.

Panitia juga menyediakan pemeriksaan kesehatan gratis bagi peserta jalan sehat.

“Kami ingin memberikan manfaat langsung kepada warga terutama dalam hal kesehatan. Pemeriksaan kesehatan ini dapat membantu warga mengetahui kondisi kesehatan mereka,” jelasnya.

Hal senada dikatakan Ketua Dekopinda Kota Banjar, H. Kadidjan. Ia menyatakan cara ini juga bertujuan untuk menggalang kebersamaan dan memperkuat solidaritas antar anggota koperasi.

“Melalui kegiatan ini, kami berharap dapat meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya koperasi sebagai wadah untuk memperbaiki perekonomian dan kesejahteraan bersama,” ujarnya.

Kadijan juga mengapresiasi antusiasme masyarakat yang turut berpartisipasi dalam acara tersebut.

Sementara itu, Kepala Dinas KUKMP Kota Banjar, Sri Sobariah melalui Sekretaris Dinas KUKMP Kota Banjar, Neneng Widya Hastuti turut menanggapi pelaksanaan kegiatan ini.

Menurutnya, jalan sehat ini tidak hanya bermanfaat bagi kesehatan fisik, tetapi menjadi ajang untuk mempererat hubungan antara koperasi dan masyarakat.

“Kegiatan ini menjadi momentum bagi koperasi-koperasi di Banjar untuk terus berkembang dan berinovasi, sehingga dapat memberikan kontribusi positif bagi perekonomian daerah,” kata Neneng.

(Hermanto/PasundanNews.com)