Bupati Ciamis, Dr. H. Herdiat Sunarya. Foto/Ist

BERITA CIAMIS, PASUNDANNEWS.COM – Upacara Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) tahun 2023 dipimpin langsung oleh Bupati Ciamis Herdiat Sunarya.

Kegiatan tersebut bertempat di Taman Lokasana Ciamis, Selasa (2/5/2023),

Dalam sambutannya, Bupati Ciamis mengajak untuk bersama menyemarakkan merdeka belajar sesuai dengan tema yang pada Peringatan Hari Pendidikan Nasional tahun 2023.

Makna dari Hardiknas ini mengajak masyarakat agar  senantiasa meningkatkan semangat untuk maju dan berinovasi dalam kegiatan belajar mengajar.

“Belajar yang merdeka, mandiri serta mampu mengatasi segala hambatan dan tantangan jaman,” ucapnya.

Bupati menjelaskan, sebanyak 24 episode merdeka belajar yang sudah diluncurkan telah membawa pada cita-cita luhur Ki Hajar Dewantara.

Cita-cita tersebut yakni pendidikan yang menuntun bakat, minat dan potensi peserta didik.

Menurutnya, hal itu bertujuan agar mampu mencapai keselamatan dan kebahagiaan yang setinggi-tingginya sebagai manusia dan anggota masyarakat.

Ia mengatakan bahwa anak-anak saat ini lebih tenang dalam belajar, karena aktivitas pembelajaran yang dinilai lebih holistik.

“Para guru juga sekarang berlomba-lomba untuk berbagi dan berkarya dengan hadirnya platform merdeka belajar,” jelas Herdiat.

Selain itu, Ia juga menuturkan guru-guru yang dulu diikat berbagai peraturan yang kaku, sekarang lebih bebas berinovasi dikelas dengan hadirnya kurikulum merdeka.

Pada jenjang perguruan tinggi juga para mahasiswa yang dulu hanya belajar teori, sekarang bisa mencari pengetahuan dan pengalaman dengan hadirnya program kampus merdeka.

Peringati Hari Otonomi Daerah

Dalam kesempatan tersebut Pemkab Ciamis tidak hanya memperingati Hari Pendidikan Nasional saja.

Namun juga  memperingati Hari Otonomi Daerah (OTDA) ke 27 Tingkat Kabupaten.

Herdiat mengatakan, tujuan laksanakannya otonomi daerah dengan mendesentralisasikan sebagian kewenangan.

Sejatinya untuk menjadikan daerah mencapai kemandirian fiskal serta memacu terjadinya percepatan dan pemerataan pembangunan.

Herdiat mengungkapkan, setelah 27 tahun pelaksanaan otonomi daerah, masyarakat dapat merasakan berbagai hal positif dan kebaikan.

Antara lain yaitu peningkatan kualitas pembangunan infrastruktur, pelaksanaan berbagai program dan kegiatan penanggulangan kemiskinan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Herdiat juga menyampaikan apresiasinya kepada semua pihak yang telah berupaya bersama dan berhasil dalam melaksanakan tujuan dari otonomi daerah.

“Namun kita jangan berpuas diri, tetap tingkatkan kondusifitas dan sinergitas, tingkatkan juga upaya dan kerja keras serta inovasi dalam menggali potensi di daerah dalam mewujudkan tujuan dan cita-cita otonomi daerah, dengan tetap menjaga dan memperhatikan aturan hukum serta norma yang ada,” tutupnya.(Herdi/PasundanNews.com)

Artikulli paraprakBerkunjung ke Garut, Anies Ajak Para Pendukung Santun Berpolitik
Artikulli tjetërNarasi Ketahanan Pangan, Maulana Sidik Dorong Generasi Muda Menjadi Petani Kreatif