Grand Final pemilihan Duta Baca Kabupaten Ciamis tahun 2023. Foto/PasundanNews.com

BERITA CIAMIS, PASUNDANNEWS.COM – Grand Final pemilihan Duta Baca Kabupaten Ciamis tahun 2023 digelar pada Kamis (23/2/2023).

Terpilih 4 peserta terbaik pada event tahunan yang berlangsung di Aula Dinas Perpustakaan dan Kearsipan(Disperpuska) Ciamis itu.

Empat peserta terbaik itu antara lain yaitu, Juara I oleh Miftah Fadilah, Juara II oleh Elly Lutfiah, Juara III oleh Popong Puspitasari, dan Harapan I diraih oleh Sigit Ardi Nugraha.

“Nantinya para peserta terbaik ini akan ikutsertakan pada pemilihan Duta Baca tingkat Jawa Barat,” kata Plt Kepala Bidang Pengembangan Perpustakaan dan Pembudayaan Kegemaran Membaca Disperpuska Ciamis, Indra Mulyana.

Indra menuturkan, tahapan pelaksanaan pemilihan duta baca ini terdiri dari 24 orang peserta yang mulai sejak tanggal 27 Januari hingga 20 Februari 2023.

Kemudian lanjutnya, dalam penyaringan peserta yang masuk tahap seleksi berkas yaitu sebanyak 23 orang.

“Minat masyarakat khususnya adik-adik mahasiswa yang ikut partisipasi dalam membantu pemerintah untuk meningkatkan minat baca sangat antusias,” kata Indra.

Hal ini ungkap Indra, terbukti dengan banyaknya jumlah peserta yang mendaftar lebih banyak dari tahun-tahun sebelumnya.

Indra menjelaskan, proses penjaringan pemilihan duta baca pada grand final kali ini yaitu dengan penilaian visi serta gagasan dari para peserta.

Selanjutnya, peserta yang telah lulus pada seleksi administrasi berkesempatan untuk memaparkan tentang literasi dan minat baca masyarakat sesuai dengan pengalamannya.

Selain itu, seluruh peserta juga menyampaikan rencana program yang akan lakukan apabila terpilih menjadi duta baca Kabupaten Ciamis tahun 2023.

Pemilihan Duta Baca di Ciamis sebagai Agenda Tahunan

Indra menyebutkan, bahwa kegiatan pemilihan duta baca ini merupakan kegiatan atau event tahunan yang Disperpuska Ciamis laksanakan.

Kegiatan pun lanjut Indra selalu melibatkan pihak terkait khususnya Paguyuban Duta Baca Kabupaten Ciamis.

Adapun maksud dan tujuan pemilihan duta baca ini, pertama untuk mempromosikan perpustakaan agar lebih dikenal oleh masyarakat.

Kedua, meningkatkan partisipasi masyarakat untuk lebih memanfaatkan perpustakaan dalam menggali ilmu dan informasi.

Selanjutnya, ketiga, sebagai salah satu upaya dalam menggiatkan transformasi perpustakaan berbasis inklusi sosial.

“Selain itu juga untuk menampilkan sosok inspiratif sebagai motivator dalam meningkatkan kegemaran membaca,” terangnya.

Indra menabahkan, peserta yang sudah terpilih ini rencananya akan dilombakan pada tingkat Jawa Barat sebagai perwakilan dari Kabupaten Ciamis.

“Mudah-mudahan peserta terbaik dari Ciamis bisa meraih Juara tingkat Jawa Barat. Rencananya pelaksanaannya pada Maret 2023 mendatang,” tandasnya. (Hendri/PasundanNews.com)

Artikulli paraprakStand Dishub Ciamis di ‘Pepatah Manis’, Pelayanan Parkir Berlangganan hingga Mengurus Izin Trayek
Artikulli tjetërReview LKPD Tahun 2022, Pemkab Ciamis Targetkan Raih Opini WTP dari BPK RI