Foto/Ist. Net

PASUNDANNEWS.COM – Ada hal yang baru setiap momen peringatan yang terjadi pada laman pencarian Google. Seperti saat ini, melalui ilustrasi doodle, Google memberikan penghormatan khusus kepada Marie Thomas.

Dapat terlihat, tampilan doodle berupa ilustrasi seorang perempuan berpakaian dokter lengkap dengan stetoskop yang nampak tengah menggendong bayi kecil.

Selain itu, huruf “O” digantikan dengan lampu sorot pasien dan karakter dokter wanita tersebut, ditambah latar belakang gambar didominasi warna toscha dengan siluet huruf yang membentuk tulisan google.

Dia adalah seorang dokter perempuan pertama di Indonesia. Dengan nama lengkap Maria Josephine Catherine Maramis atau Maria Walanda Maramis adalah pahlawan nasional dari Minahasa.

Lebih tepatnya perempuan kelahiran Likupang, Minahasa, Sulawesi Utara, 17 Februari 1896, 125 tahun lalu dan pada hari ini adalah hari ulang tahunnya, Rabu, 17 Februari 2021.

Orangtua Marie Thomas adalah pegawai negeri di zaman kolonial. Marie merupakan lulusan Meisjesschool (sekolah gadis) di Yogyakarta pada 1912, pendidikannya lebih dari sekolah desa tiga tahun yang hanya paham baca tulis.

Penghormatan ini diberikan kepada Marie karena dinilai telah mengukir sejarah sebagai spesialis wanita pertama di bidang ginekologi dan kebidanan.

Pada tahun 1912 Marie diterima di STOVIA (Sekolah Pendidikan Dokter Asli). Sebelum pendaftarannya, adalah institusi khusus untuk laki-laki.

Sebagai catatan, sekolah ini pun banyak melahirkan tokoh pergerakan nasional, seperti Soetomo, Cipto Mangunkusumo, Wahidin Sudirohusodo, dan lain-lain.

Marie Thomas menikah dengan dokter mata bernama Moehammad Joesoef pada tahun 1929. Joesoef sendiri berasal dari Solok dan merupakan kawannya semasa belajar di STOVIA.

Kemudian, pasangan ini tinggal di Padang dan pada tahun 1931 mereka sempat tinggal di Jakarta dan kembali lagi ke Sumatera.

Marie juga terkenal karena kemurahan hatinya dan kerap memperlakukan pasien dari kalangan tidak mampu membayar perawatannya dengan gratis.

Terbukti, dengan sikapnya yang baik, dia sempat mendirikan sekolah kebidanan di Sumatera yang pertama.

Suaminya, Joesoef lebih dulu mengembuskan nafas terakhir pada tahun 1958. Kemudian Marie Thomas wafat pada tahun 1966 setelahnya.

Google mengucapkan selamat ulang tahun kepada Marie Thomas, berkat semua dedikasinya yang tanpa pamrih bagi kehidupan orang lain.

Lantaran, dia telah membuka jalan bagi perempuan di Indonesia untuk mengejar dan belajar ilmu kedokteran dan pendidikan tinggi.

Artikulli paraprakPeduli Lingkungan, FPL Ciamis Ajak Masyarakat Pilah Sampah dari Rumah
Artikulli tjetërPenyanyi Nissa Sabyan Bungkam Setelah Isu Pelakor Mencuat