Gerakan Mengajar Desa (GMD) Kabupaten Ciamis meraih 3 penghargaan GMD Provinsi Jawa Barat. Foto/Prokopim Setda Kabupaten Ciamis

BERITA CIAMIS, PASUNDANNEWS.COM – Gerakan Mengajar Desa (GMD) Kabupaten Ciamis periode 2020-2021 meraih 3 penghargaan GMD Provinsi Jawa Barat.

Penghargaan tersebut dalam rangka GMD Award 2021, pengabdian 27 kabupaten/kota se Jawa Barat Periode Maret 2020-Februari 2021.

GMD pertama periode periode 2020-2021 ini secara resmi ditutup bupati Ciamis, Herdiat Sunarya, Jum’at (7/5/2021) di ruang Oproom Setda Kabupaten Ciamis.

Bupati Herdiat pun memberikan apresiasi dan penghargaan atas inovasi, kreasi dan semangat GMD Kabupaten Ciamis.

“Kita punya kewajiban untuk melayani dan mencerdaskan masyarakat, baik bidang ilmu pengetahuan, bidang keagamaan, teknologi dan lain sebagainya,” tuturnya.

Pandemi Covid-19 pelaksanaan belajar secara daring, sehingga sulit terbentuknya chemistry antara guru dengan murid. Padahal menurutnya hal tersebut penting.

“Dengan terjunnya adik-adik GMD ke setiap desa mudah-mudahan chemistry tersebut bisa mulai terbangun kembali,” ucapnya.

Herdiat berharap, kedepannya GMD harus lebih baik lagi. Serta bisa memberi masukan kepada Pemda Ciamis terhadap realita pembelajaran di lapangan.

“Saya berharap GMD nantinya bisa sharing mengenai banyak hal, seperti cara mengajar yang lebih baik, fasilitas pembelajaran atau potensi yang ada setiap desa” ucapnya.

Leader GMD Kabupaten Ciamis, Dandi Herdiana menjelaskan, GMD merupakan komunitas mahasiswa yang bergerak untuk bersama memperbaiki pendidikan.

“Dengan semangat muda, saya yakin akan mampu membawa perubahan khusunya di Kabupaten Ciamis,” ungkapnya

Dandi berharap GMD bisa terus bersinergi dengan Pemda, organisasi, komunitas, ataupun perguruan tinggi yang ada di Kabupaten Ciamis.

“Alhamdulillah, satu tahun GMD terbentuk sudah menunaikan beberapa program yang positif dan membangun,” ungkapnya.

Dandi menerangkan, program utama GMD adalah pengabdian. Adapun metode belajar dengan bermain sambil belajar atau belajar sambil bermain.

“Terimakasih kami sampaikan kepada pak Bupati. Kegiatan GMD tidak terlepas dari arahan dan dukungan Pemda Ciamis, Dinas Pendidikan, DPMD Ciamis serta pihak-pihak lainya” pungkasnya.

Artikulli paraprakPengusaha Muda Ciamis Akan Gelar Youth Market, Jual Produk Lokal yang Fashionable
Artikulli tjetërVaksin Novavax Dikabarkan Ampuh Lawan Covid-19 Varian Afsel