Launching program SIPUMA (Pojok Usaha Mobile dan Awet) oleh PPKH Kabupaten Ciamis. Foto/Hendri.PasundanMews.com

BERITA CIAMIS, PASUNDANNEWS.COM – PPKH (Pelaksana Program Keluarga Harapan) Ciamis terus berupaya mendorong para KPM (Keluarga Penerima manfaat) dalam pemberdayaan ekonomi.

Kali ini, PPKH Kabupaten Ciamis melaunching program SIPUMA untuk pemberdayaan KPM PKH agar lebih mandiri secara ekonomi.

SIPUMA atau Pojok Usaha Mobile dan Awet ini merupakan generasi kedua dari program PKH Shop yang sebelumnya digalakkan oleh PPKH Ciamis.

“Ini adalah generasi kedua dari PKH Shop yang nantinya secara masif kita akan lakukan pada setiap kecamatan,” kata Kordinator PKH Ciamis, Indra Maulana saat acara Halal bi Halal SDM PKH Ciamis, Jumat (5/5/2023) di Cafe Djoeanda Ciamis.

Indra menerangkan, SIPUMA ini nantinya dapat beroperasi secara mobile dengan pengelolanya oleh KPM PKH.

Selain itu, gerobak SIPUMA ini juga lebih simpel karena bisa bongkar pasang berbeda dengan booth PKH Shop.

“Nantinya para KPM bisa lebih mudah dan juga lebih leluasa dalam menjual barang dagangan khususnya produk dari KPM sendiri,” tuturnya.

Indra mengungkapkan, inovasi program SIPUMA ini tidak lepas dari support dan dukungan seluruh SDM PKH Ciamis.

“Ada SDM PKH yang hari ini sudah menjadi PNS dan P3K, kami pun sering berdiskusi, dan salahsatu hasilnya adalah rekan-rekan berpartisipasi mewujudkan SIPUMA ini untuk kecamatan Pamarican,” ungkapnya.

Indra pun berharap, program SIPUMA ini dapat berjalan sesuai harapan, serta dapat dukungan dari semua pihak guna terciptanya masyarakat yang lebih sejahtera.

“Semoga program pemberdayaan ini bisa terus berjalan sesuai dengan harapan kita semua,” ucapnya.

SDM PKH Ciamis Wujudkan Keberhasilan Pembangunan Kesejahteraan Sosial

Pada kesempatan yang sama, Kepala Dinas Sosial Ciamis, Eka Oktaviana mengatakan, SDM PKH berperan penting dalam mewujudkan keberhasilan pembangunan bidang kesejahteraan sosial.

“Sebanyak 161 orang SDM PKH Ciamis ini memiliki peran penting dalam mewujudkan kesejahteraan sosial,” kata Eka.

Eka pun mengajak kepada para pendamping untuk selalu  bekerja sama membangun Kabupaten Ciamis menjadi lebih baik khususnya bidang sosial.

Eka melanjutkan, para pendamping juga bisa terus mengasah kemampuannya di tengah tantangan tugas yang semakin dinamis dan kompleks.

“Semua SDM PKH harus bisa survive pada wilayahnya masing-masing, khususnya dalam mendorong KPM atau masyarakat lebih berdaya dan mandiri secara ekonomi,” ujarnya.

Eka menambahkan, dalam bekerja, seluruh SDM PKH Ciamis agar selalu mengedepankan prinsip kebersamaan dan kolaborasi.

Sehingga menurutnya, setiap pekerjaan yang dilandasi dengan kebersamaan atau kerja tim, maka pekerjaan tersebut akan semakin mudah.

“Setiap kita memiliki tanggungjawab yang sama dalam mengemban tugas ini, maka saya harapkan seluruh SDM PKH untuk selalu jalin kebersamaan,” pungkasnya. (Hendri/PasundanNews.com)

Artikulli paraprakCiamis Diterpa Cuaca Ekstrim, Bupati Herdiat Gelar Rakor Kesiapsiagaan Bencana
Artikulli tjetërCiamis kembali Raih Prestasi, Raih Penghargaan WTP dari BPK RI