Bupati Ciamis, Dr. H. Herdiat Sunarya. Foto/Istimewa

BERITA CIAMIS, PASUNDANNEWS.COM – Gerakan Pramuka Kabupaten Ciamis menggelar Rapat Tahunan Majelis Pembimbing (Mabicab) tahun 2022.

Turut membuka acara Bupati Ciamis Herdiat Sunarya yang bertempat di Gedung KH Irfan Hielm Islamic Center Ciamis, Kamis (29/12/2022).

Dalam sambutannya, Bupati Ciamis menyebutkan bahwa Pramuka merupakan wadah pembinaan bagi generasi muda.

“Karena Pramuka ajarkan peori ilmu atau praktek tentang kepemimpinan dengan cara selalu menolong, rela bekorban, membentuk mental yang tangguh,” terangnya

Herdiat yag juga Ketua Mabicab menyampaikan bahwa acara tersebut sebagai upaya meningkatkan kapasitas dalam laksanakan tugas dan fungsi Mabi Kabupaten Ciamis.

“Pada wilayah yang bapa ibu pimpin, baik sekolah, dinas yang ada satuan karyanya, Kwarran atau Kecamatan dan wilayah lainnya,” ucapnya.

Hal itu sebagai guna kemajuan Pramuka Kabupaten Ciamis dalam menyiapkan generasi yang akan datang.

Sementara itu Sekda Ciamis yang juga Sekretaris Mabicab menyampaikan laporan kegiatan Mabicab.

Ia menyamlaikan peserta dan tamu undangan dalam acara tersebut berjumlah 400 orang.

“Terdiri dari Mabicab, Mabiran, Ketua Kwarran dan para tamu undangan lainnya,” katanya.

Ia juga menyebutkan bahwa acara rapat tahunan Mabicab ini pertama kalinya Kabupaten Ciamis laksanakan.

Hal itu sebagai bentuk pelaksanaan dari amanat Undang-undang Nomor 12 tahun 2010 Tentang Gerakan Pramuka serta ADART Gerakan Pramuka

“Mabicap Ciamis juga perlu adanya sekretariat, guna peningkatan kinerja dalam menjalankan Tugas dan Fungsi Mabi,” katanya.

Lebih lanjut Tatang juga menyebutkan, Pemkab Ciamis akan memberikan alokasi anggaran ke setiap Kwaran. Hal itu sebagai bentuk perhatian Pemkab terhadap Pramuka.

“Alokasi anggaran kepada Kwartir Ranting sebesar 10 Juta, demi kemajuan gerakan pramuka di Kabupaten Ciamis” ungkapnya. (Herdi/PasundanNews.com)

Artikulli paraprakSebanyak 1.500 Siswa SMP Dapat Beasiswa dari Pemda Ciamis
Artikulli tjetërParkir Berlangganan Berlaku Tahun 2023, Dishub Ciamis Gencarkan Sosialisasi