BI Tasikmalaya dan Generasi Baru Indonesia (GenBI) saat menyerahkan bantuan buku secara simbolis kepada Komunitas Peduli Anak Bangsa (KPAB) Tasikmalaya. Foto/Istimewa

BERITA TASIKMALAYA, PASUNDANNEWS.COM – Generasi Baru Indonesia (GenBI) bersama BI Tasikmalaya menyerahkan bantuan hibah buku kepada komunitas peduli anak bangsa (KPAB) Tasikmalaya.

Penyerahan bantuan tersebut dilaksanakan pada Kamis (14/10/2021) di taman baca komunitas KPAB, Tuguraja, Kecamatan Cihideung, Tasikmalaya.

Turut hadir pada kegiatan tersebut perwakilan dari perpustakaan BI Tasikmalaya dan pengurus KPAB Tasikmalaya serta puluhan anak taman baca KPAB.

Wakil Ketua GenBI wilayah Tasikmalaya, Andri mengatakan, kegiatan ini bertujuan membantu dalam penyediaan buku bacaan bagi anak.

Selain itu, kegiatan ini juga memberi edukasi kepada dan semangat bagi anak-anak agar selalu gemar membaca.

“Nama kegiatan ini yaitu Hibah Buku dan GenBI Mengajar (GeMar) dengan tema “Bangga Peduli Rupiah dan Bangga Peduli Lingkungan,” kata Andri.

Dalam kegiatan itu, GenBI dan BI Tasikmalaya berkesempatan memberikan edukasi langsung kepada anak-anak tentang mengenal nilai uang rupiah.

Kemudian menyampaikan tentang kepedulian terhadap lingkungan sekitar, sehingga nilai tersebut bisa tertanam sejak dini.

“Semoga kegiatan ini dapat memicu semangat belajar anak, menanamkan kecintaan terhadap nilai rupiah dan juga lingkungan sejak dini,” ucapnya.

Meningkatkan Minat Baca Masyarakat dengan Pasilitas yang Lebih Representatif

Sementara itu, pengurus teras baca KPAB Tasikmalaya, Yudi mengatakan, teras baca KPAB baru berjalan beberapa bulan dan masih banyak membutuhkan buku-buku bacaan.

“Secara umum, mungkin setiap daerah dalam minat bacanya masih rendah, maka perlukan tempat-tempat baca seperti teras baca, pojok baca dan lain sebagainya,” kata Yudi.

Menurutnya, salah satu upaya meningkatkan minat baca masyarakat adalah dengan adanya pasilitas, sarana prasarana dan ruang baca yang representatif.

Sehingga hal itu bisa memacu dan memotivasi dalam meningkatkan minat membaca dan menjadi tradisi di masyarakat.

Yudi pun berharap, kegiatan seperti ini bisa terus berlanjut dan memberikan nilai manfaat bagi masyarakat khususnya anak-anak sebagai generasi bangsa.

Kemudian Yudi GenBI lebih menyebar lagi ke masyarakat kerjasamanya rutin dan aktualisasinya bisa lebih dirasakan seperti kegiatan hari ini.

“Saya ucapkan terima kasih kepada GenBI dan BI Tasikmalaya atas hibah buku dan sosialisasi serta edukasinya. Semoga GenBI bisa terus maju dan aktualisasinya dirasakan masyarakat” ucapnya.

Artikel sebelumyaPatriot Siliwangi Sejati Sukses Gelar Milangkala, Tampilkan Pentas Seni dan Santunan Anak Yatim Piatu
Artikel berikutnyaKabupaten Ciamis Terpilih Jadi Penyelenggara Program Sekolah Penggerak Tahun 2022