Reruntuhan salah satu rumah warga akibat gempa. Foto/Tangkapan layar

BERITA CIANJUR, PASUNDANNEWS.COM – Gempa bumi berkekuatan magnitudo 5,6 mengguncang Kabupaten Cianjur, Jawa Barat.

Selain Cianjur, dampak gempa ini juga terasa ke daerah sekitarnya. Tercatat puluhan rumah di Kabupaten Sukabumi pun rusak parah.

Dalam keterangannya, Kepala BMKG Stasiun Geofisika Bandung, Teguh Rahayu mengatakan, kejadian dan parameter gempa bumi pukul 13.21.10 WIB, pada Senin (21/11/2022) itu, berdasarkan hasil analisis BMKG menunjukkan gempa bumi memiliki parameter update dengan magnitudo M 5,6.

Episenter gempa bumi terletak pada koordinat 6,86° LS ; 107,01° BT, atau tepatnya berlokasi di darat wilayah Sukalarang, Sukabumi, Jawa Barat pada kedalaman 11 km.

Dalam hal ini, Koordinator Pusdalops BPBD Kabupaten Sukabumi, Daeng Sutisna mengatakan, data sementara hingga pukul 15.00 WIB, BPBD mencatat 99 rumah rusak akibat gempa bumi tersebut.

“Itu data sementara sampai pukul 15.00 WIB,” ujarnya.

Sejumlah 99 rumah rusak itu tersebar di beberapa kecamatan.

Antara lain 28 unit rumah rusak di Kecamatan Caringin, 18 unit rumah di Kecamatan Sukaraja, 45 unit di Kecamatan Nagrak, 7 unit di Kecamatan Gegerbitung, dan 1 rumah di Kecamatan Ciambar.

Untuk diketahui, kerusakan parah akibat gempa bumi itu terjadi di wilayah Cianjur, sekitar bangunan rumah, pertokoan, sekolah hingga perkantoran rusak parah.

BNPB pun turut mengimbau pemerintah daerah dan warga untuk meningkatkan kewaspadaan dan kesiapsiagaan menghadapi bahaya gempa bumi.

Sebelumnya, mengutip CNN Indonesia, gempa yang berkekuatan magnitudo 5,6 mengguncang Cianjur, Jawa Barat, pada Senin (21/11/2022), juga dirasakan masyarakat di kawasan Jabodetabek.(Herdi/PasundanNews.com)

Artikel sebelumyaDishub Ciamis Berikan Penghargaan kepada Atlet Berprestasi Cabor Tenis Meja di Porprov XIV 2022
Artikel berikutnyaKabar Duka KH. Aceng Zakaria Wafat Diduga Kelelahan