HMI Ciamis gelar halal bihalal dan silaturahmi lintas generasi bersama KAHMI Ciamis. Foto/Hendri.PasundanNews.com

BERITA CIAMIS, PASUNDANNEWS.COM –  Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Ciamis Periode 2023-2024 gelar acara Halal Bihalal bersama seluruh kader dan para alumni, Minggu (7/5/2023).

Kegiatan yang bertempat di Aula Disdik Ciamis ini dalam rangka mempererat tali silaturahmi dalam momentum Halal Bihalal pasca Idul Fitri 1444 H.

Puluhan kader HMI yang terbagi dari 6 komisariat antar Perguruan Tinggi yang ada di Ciamis tampak hadir dengan membawa semangat kebersamaan.

Selain itu, para alumni HMI Ciamis lintas generasi yang tergabung dalam Korps Alumni HMI (KAHMI) pun turut menghadiri kegiatan tersebut.

Ketua Umum HMI Ciamis, Ari Mustamiin Muadz mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk menguatkan asas kekeluargaan antara kader dan alumni HMI Ciamis.

“Bersama merapatkan barisan dan menguatkan asas kekeluargaan menghadapi tantangan dan dinamika keumatan dan kebangsaan hari ini,” kata Ari.

Selain itu, dengan adaptasi dan kolaborasi HMI dan KAHMI Ciamis pada era baru kali ini, harapkan bisa menanamkan iklim perkaderan yang konstruktif.

Sebagaimana cita-cita kepengurusan saat ini ungkap Ari, dengan ijtihad pemikiran yang dinamis memadatkannya melalui ‘Manifesto HMI Ciamis’

“Hal itu semoga bisa kita jadikan sebagai kerangka moral HMI Ciamis untuk kemajuan Himpunan ke depan,” paparnya.

Ketua Umum HMI Ciamis setiap Periode Ilustrasikan Tantangan pada Masanya

Dalam rangkaian acara yang bertajuk silaturahmi dan ramah tamah ini, turut difasilitasi oleh Ketua Umum HMI Ciamis setiap periode.

Dari total 20 orang tiap generasi Ketua Umum, sejak periode 1995/1996 hingga 2020-2021 yang turut hadir hanya 15 orang Ketua Umum HMI Ciamis.

Pada kesempatan tersebut, Ketua HMI Ciamis dari setiap periode banyak memberikan pesan untuk seluruh kader dan kepengurusan HMI Ciamis periode 2023-2024.

Ketua HMI Ciamis periode 2006-2007, Mohamad Ijudin mengungkapkan, kader dan alumni HMI hendaknya mengerti dan mengingat bahwa kesuksesan seseorang tidak lepas dari peran banyak orang.

“Kita bisa seperti sekarang ini adalah berkat doa orang tua terdahulu yang tak kenal lelah membimbing kita,” ujar Mohamad Ijudin yang saat ini menjabat sebagai Ketua Umum AMPI Ciamis.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Umum HMI Ciamis periode 2003-2004, Dafid Firdaus menerangkan tentang pentingnya kaderisasi dan kepemimpinan.

Dafid menyebutkan, indikator kaderisasi kepemimpinan salah satunya harus memiliki semangat menumbuhkan intelektualitas yang mumpuni.

Menurutnya, kader HMI harus mampu membuktikan bahwa dengan kualitas keilmuan yang mumpuni bisa mencetak para pemimpin yang berkualitas.

“Pengalaman organisasi pada HMI harus terus berlanjut, mulai dari komisariat, Cabang, Badko hingga ke tingkat Pengurus Besar,” jelas Ketua Umum HMI BADKO Jawa barat Periode 2006-2007 tersebut.

Silaturahmi Lintas Generasi HMI Membangun Potensi

Sesi berbagi pengalaman kepemimpinan setiap periode itu pun dipandu oleh Deni Wahyu Jayadi yang akrab disapa Kang Deni Weje.

Ia yang merupakan alumni HMI Ciamis itu juga membawa suasana forum begitu cair dan gembira.

Sehingga peserta forum dapat saling melepas rindu dan berbagi cerita tentang kesuksesan dan pahit manisnya perjuangan.

Kang Deni Weje menuturkan, kunci dalam menemukan kekhasan sebagai kader HMI ini terus mengupayakan harapan untuk menjadi kemauan yang bersifat kolektif.

“Sehingga nantinya akan menemukan keunikan potensi pada setiap masing-masing kader,” pungkas Kang Deni Weje yang juga pegiat Sakola Motekar Ciamis.

Diketahui, selain ramah tamah dan silaturahmi, pada kegiatan itu juga diisi dengan agenda untuk merumuskan Musda MD KAHMI Ciamis.

Selain itu juga membahas dan merumuskan program kerja bersama untuk satu periode mendatang. (Hendri/PasundanNews.com)

Artikulli paraprakPergeseran Tanah di Baregbeg, Dinsos Ciamis Serahkan Bantuan untuk Korban
Artikulli tjetërHengki Kurniawan Tekankan Tiga Poin Penting Indikator ASN di KBB