Bupati Ciamis, Dr. H Herdiat Sunarya didampingi Wabup Ciamis, Yana D Putra dan Sekda Ciamis Dr. H Tatang saat meresmikan PKH Shop di halaman kantor Kecamatan Kawali. Foto/PasundanNews.com

BERITA CIAMIS, PASUNDANNEWS.COM – Bupati Ciamis, Herdiat Sunarya meresmikan PKH Shop di Kecamatan Kawali Kabupaten Ciamis Jawa Barat, Kamis (10/6/2021).

PKH Shop merupakan salah satu skema pemberdayaan untuk Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Program Keluarga Harapan (PKH) Kabupaten Ciamis.

PKH Shop tersebut sebagai upaya dari pelaksana program PKH Ciamis untuk memberdayakan Keluarga Penerima Manfaat PKH.

“Tujuan utama PKH Shop ini yaitu sebagai Salah satu upaya dalam meningkatkan kesejahteraan KPM PKH,” kata Koordinator 1 PKH Ciamis, Indra Maulana.

Dengan meningkatnya kesejahteraan KPM PKH kata Indra akan berpengaruh kepada kepesertaan PKH yaitu keluar dari PKH atau graduasi.

Indra mengungkapkan, penempatan PKH Shop di Kecamatan Kawali merupakan titik yang ke empat.

Lanjut Indra, penyaluran PKH Shop kali ini merupakan termin yang ke-2, sedangkan termin yang pertama hanya tersalurkan 3 PKH Shop.

“Alhamdulillah secara bertahap PKH Shop mulai teralokasikan pada setiap kecamatan,” ucapnya.

Indra menyampaikan, ke depannya PKH Shop ini akan teralokasikan pada setiap desa.

Lanjutnya, penempatan PKH Shop juga akan disertai dengan pembekalan kepada KPM yang akan mengelola PKH Shop tersebut.

“Kami bukan hanya memberikan modal saja, tetap juga dengan pembekalan para KPM aga PKH Shop ini berjalan dengan lancar,”

Lebih lanjut Indra menjelaskan, Pendamping PKH dalam setiap kegiatan rutinnya menyampaikan kepada KPM tentang bagaimana pengelolaan keuangan dan perencanaan usaha.

“Dalam kegiatan pertemuan peningkatan keluarga setiap pendamping menyampaikan tentang hal itu, yang didalamnya ada sesi bagaimana memulai usaha” terangnya.

Selain mengucapkan terima kasih kepada Bupati Ciamis, Indra juga menyampaikan PKH Shop ini sebagai kado hari ulang tahun Kabupaten Ciamis yang ke 379.

“Ini sebagai kado dari kami untuk Kabupaten Ciamis, yaitu 8 titik akan mendapatkan PKH Shop,” jelas Indra.

Dengan adanya PKH Shop ini Indra berharap, selain turut serta membantu mengentaskan kemiskinan juga menjadi sarana untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Bupati Herdiat pun memberikan apresiasi kepada PKH Ciamis yang telah bersama mendorong menciptakan kesejahteraan masyarakat.

Hal itu menurutnya sesuai dengan visi Kabupaten Ciamis yakni ‘Mantapnya Kemandirian Ekonomi Sejahtera untuk Semua’.

“Alhamdulillah, selamat untuk PKH Ciamis yang telah berupaya bersama meningkatkan kesejahteraan dengan PKH Shop ini” ucap Herdiat.

Artikulli paraprakModus Akan Dinikahi, Pria di Tasikmalaya Hamili Anak di Bawah Umur
Artikulli tjetërHMI Kritisi Enam Program Unggulan Bupati Ciamis dalam Perencanaan Pembangunan Daerah