Sekretaris Dinas PUPRP Kabupaten Ciamis, Eka Oktaviana saat mengikuti kegiatan Musrenbang di Kecamatan Cijeungjing. Foto/Istimewa

BERITA CIAMIS, PASUNDANNEWS.COM – Pemkab Ciamis melalui DPUPRP akan berupaya mengakomodir setiap usulan masyarakat pada Musrenbang tingkat Kecamatan.

Diketahui, Musrenbang (Musyawarah Perencanaan Pembangunan) tingkat Kecamatan tahun 2023 telah berjalan sejak Selasa (7/2/2023) lalu.

Saat ini wilayah Kabupaten Ciamis terdiri dari 27 kecamatan. Di bulan Februari sendiri Musrenbang digelar untuk tingkat Kecamatan.

Sementara untuk Musrenbang tingkat Kabupaten Ciamis akan berlangsung pada bulan Maret 2023 mendatang.

Mayoritas usulan pada Musrenbang tingkat Kecamatan tersebut yaitu infrastruktur hingga sosial kemasyarakatan dan peningkatan SDM.

Kepala DPUPRP (Dinas Umum dan Penataan Ruang dan Pertanahan) Ciamis, H Andang Firman melalui Sekretaris Dinas, Eka Oktaviana mengungkapkan hal tersebut kepada PasundanNews.com, Jumat (10/2/2023).

Eka mengatakan, usulan masyarakat melalui musyawarah tingkat kecamatan nantinya akan perkuat pada Musrembang Kabupaten sehingga harapannya semua usulan terealisasi.

“Musrenbang tingkat Kecamatan sudah berjalan sejak seminggu yang lalu, kami mengakomodir usulan-usulan dari masyarakat,” kata Eka

Andang mengungkapkan, dengan banyaknya usulan terkait infrastruktur, kewenanangannya berada pada pemerintahan desa.

Namun begitu pihaknya memastikan akan berupaya mengakomodir setiap usulan masyarakat tanpa melihat apakah kewenangan desa ataupun OPD lain.

“Selagi wilayah infrastruktur, PUPR akan berupaya merealisasikan usulan tersebut. Seperti pekerjaan jalan, irigasi sungai, ataupun jembatan kita akan coba mengusulkan ke Pemprov atau Pemerintah Pusat,” jelasnya.

Eka berharap, hasil Musrenbang untuk tahun 2023 ini Pemkab Ciamis menganggarkan serta merealisasikan kepentingan masyarakat terlebih dahulu.

“Mohon doanya untuk tahun sekarang hingga tahun 2024 itu anggaran baik di Pemprov atau Pemerintah Pusat itu, Pemkab Ciamis menjadi prioritas,” tandasnya. (Hendri/PasundanNews.com)

Artikulli paraprakTuntut Hak dan Keadilan, Puluhan Eks Karyawan Unjuk Rasa Segel Kantor KSP Serambi Dana
Artikulli tjetërSegera Daftar, Kompetisi Futsal Bertajuk ‘Galaxy Cup 4 Tournament 2023’ Digelar di Banjarsari