DInas PRKPLH Kabupaten Ciamis Sosialisasikan Desa Bersih Sampah di Kecamatan Rancah. Foto/Ist.

BERITA CIAMIS, PASUNDANNEWS.COM – Dinas Perumahan Rakyat Kawasan Pemukiman dan Lingkungan Hidup (DPRKPLH) Ciamis mensosialisasi Desa Bersih Sampah di Kecamatan Rancah kabupaten Ciamis, Rabu, (17/3/2021).

Kegiatan yang diikuti oleh seluruh perwakilan desa se Kecamatan Rancah ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang kebersihan.

“Terutama pemahaman tentang pengelolaan sampah melalui pembentukan bank sampah unit dan juga bank sampah induk,” kata Kepala DPRKPLH Ciamis, Taufik Gumelar didampingi Kabid kebersihan, Giyatno.

Melalui kegiatan ini, disampaikan Taufik, masyarakat nantinya bisa mengelola sampah dengan mulai pilah sampah dari rumah.

Selain itu, lanjut Taufik, masyarakat bisa nabung sampah di bank sampah unit dan pengelolaan bank sampah induk di tingkat Kecamatan.

“Selain lingkungan menjadi sehat, bersih dan bernilai, juga menjadi salah satu solusi untuk mendapatkan penghasilan apalagi disaat pandemi sekarang ini,” tuturnya.

Taufik juga mengungkapkan, bahwa Bank Sampah Al Huda Desa Situmandala Rancah mendapatkan bantuan dari PT Jamkrindo berupa sebesar Rp. 35, 6 juta.

Penyerahan bantuan tersebut dilakukan secara simbolis di Desa Situmandala Kecamatan Rancah pada Selasa (16/3).

Disaksikan Kepala Desa Situmandala, Dadang Ruskanda beserta jajaran pengurus Bank Sampah Al Huda.

“PT Jamkrindo melalui program kemitraan dan bina lingkungan memberikan bantuan dana itu untuk pembelian alat kebersihan,” ungkapnya.

Ia pun berharap bantuan yang diterima Bank Al Huda tersebut bisa dimanfaatkan untuk pengembangan potensi bank sampah.

“Juga bisa menginspirasi bank sampah lainnya untuk bisa terus mengembangkan potensi yang ada” pungkasnya.
Artikulli paraprakPuluhan Guru Honorer PAI Ciamis Audiensi ke DPRD Minta Diangkat Jadi PPPK
Artikulli tjetërDadang Supriatna Sah Jadi Bupati Bandung Usai Putusan MK