Panen raya Padi Hibrida Varietas Hipa 21 di Desa Baregbeg, Kecamatan Lakbok, Kabupaten Ciamis. Foto/Istimewa

BERITA CIAMIS, PASUNDANNEWS.COM – Dalam rangka mendorong pertumbuhan ekonomi Kabupaten Ciamis, perayaan panen padi hibrida berlangsung meriah.

Turut hadir Bupati Ciamis Herdiat Sunarya didampingi Wakil Bupati Ciamis Yana D Putra, beserta unsur Forkopimda.

Panen raya Padi Hibrida Varietas Hipa 21 ini bertempat di Desa Baregbeg, Kecamatan Lakbok, pada Jumat (30/9/2022).

Turut hadir juga perwakilan Kementerian Pertanian serta Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura Provinsi Jawa Barat.

Untuk diketahui, Padi Hibrida Varietas Hipa 21 sendiri merupakan jenis padi yang memiliki banyak keunggulan baik dari segi rasa serta produksinya. Selain itu memiliki umur tanam yang relatif lebih pendek.

Dalam sambutannya, Herdiat menyatakan kegembiraannya atas panen raya di Desa Baregbeg Kecamatan Lakbok ini.

Herdiat optimis dengan keberhasilan panen raya padi hibrida tersebut akan turut mendongkrak pertumbuhan ekonomi serta menekan inflasi di Kabupaten Ciamis.

“Walaupun para petani saat ini dihadapkan pada hambatan dan tantangan, namun hal tersebut harus dijadikan peluang untuk sama-sama bangkit menekan inflasi,” ucapnya.

Dalam kesempatan tersebut, Herdiat juga mengucapkan terima kasih kepada Kementerian Pertanian atas bantuan yang telah diberikan, yang manfaatnya sangat dirasakan oleh para petani di Kabupaten Ciamis.

Diketahui, pada panen raya di Desa Baregbeg Kecamatan Lakbok saat ini akan dipanen sekitar 20 hektare padi hibrida Hipa 21.

‚ÄúSebagaimana kita ketahui bersama bahwa Padi Hibrida Hipa 21 merupakan padi unggulan yang memiliki banyak keunggulan baik dari segi rasa serta produksinya yang memiliki potensi sebanyak 11,1 ton per hektarenya,” papar Bupati Ciamis itu.

Proyeksi Kabupaten Ciamis di Bidang Pertanian

Lebih lanjut, Pemerintah Daerah senantiasa bertekad dan berkeinginan untuk tetap fokus dalam membangun pertanian di Kabupaten Ciamis baik berupa irigasi maupun sarana prasarana.

“Kita ingin pembangunan yang terintegrasi khusus nya di daerah-daerah produksi biar lebih lancar, ” katanya.

Sementara itu, Kepala Pusat Penyuluhan Pertanian Kementerian Pertanian RI Bustanul Arifin Caya turut mengapresiasi kegiatan panen raya di Desa Baregbeg Kecamatan Lakbok ini.

Ia menjelaskan Pemerintah Pusat selalu berupaya memberikan kemudahan kepada para petani baik dalam mendapatkan benih padi maupun dalam keterjangkauan harga.

“Kami sangat mengapresiasi Kabupaten Ciamis yang telah menggabungkan antara bio Science, bio teknologi, serta mekanik pertanian modern dalam pertaniannya,” ucapnya.

Ia berharap dengan adanya Farmer Field Day ini mampu memberikan kontribusi besar bagi ketahanan pangan nasional.

Dalam panen raya Lakbok, juga dilakukan pencanangan Kabupaten Ciamis Swasembada beras untuk menyokong ketahanan pangan Nasional. (Hendri/PasundanNews.com)

Artikel sebelumyaHari Kesaktian Pancasilan, Wabup Ciamis: Hormati Jasa Para Pahlawan
Artikel berikutnyaHari Batik Nasional Diperingati Pada 2 Oktober, Berikut Sejarahnya