Wakil Bupati Ciamis, H. Yana D Putra. Foto/Istimewa

BERITA CIAMIS, PASUNDANNEWS.COM – Upaya Pemda Kabupaten Ciamis dalam mewujudkan generasi muda berprestasi terus digaungkan.

Hal ini ditandai dengan gelaran seleksi silat pelajar yang dibuka secara langsung oleh Wakil Bupati Ciamis, Yana D. Putra pada Rabu (6/3/2024) di Aula Dinas Perhubungan Ciamis.

Acara ini diikuti oleh 145 peserta dari berbagai sekolah tingkat SMP dan SMA sederajat di Kabupaten Ciamis.

Dalam sambutannya, Wabup Yana mengharapkan para peserta untuk memanfaatkan kesempatan ini dengan sebaik-baiknya.

“Jangan setengah-setengah dalam memilih, jika memutuskan untuk berlatih pencak silat, fokus dan tekun lah di dalamnya,” pesan Yana.

Ia juga menekankan pentingnya memiliki harapan dan cita-cita di dunia pencak silat.

“Bukan hanya sekedar bisa, tapi juga harus berprestasi dan menjadi atlet pencak silat yang mampu bersaing di tingkat lokal, regional, dan nasional,” tambahnya.

Yana mendorong peserta untuk menggunakan pencak silat sebagai peluang karir di masa depan.

“Jangan hanya belajar, tetapi tetap konsentrasi dan fokus untuk meraih prestasi,” ungkapnya.

Dalam hal sportifitas, Yana menekankan pentingnya bermain dengan fair play untuk meraih hasil maksimal.

“Saya titipkan tiga hal, siapkan mental, stamina, dan teknik. Tanpa mental dan stamina yang kuat, kehebatan teknik akan percuma,” tegasnya.

Terakhir, beliau juga memberi pesan kepada para wasit untuk bertindak dengan adil dan objektif, tanpa memihak kepada salah satu pihak.

“Melalui kegiatan ini diharapkan dapat melahirkan generasi atlet pencak silat yang tangguh dan berprestasi di masa depan,” tandasnya.

Dengan dibukanya seleksi silat pelajar ini, diharapkan dapat melahirkan generasi atlet pencak silat yang tangguh dan berprestasi di masa depan.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Penyelenggara Kegiatan Usman Ali melaporkan kegiatan seleksi pelajar tersebut akan dilaksanakan selama dua hari yakni 6 sampai 7 Maret 2024.

Ia mengatakan seleksi tersebut digelar sebagai persiapan untuk mengikuti Pekan Olahraga Pelajar Wilayah (Popwil) Jawa Barat pada bulan Mei mendatang yang rutin dilaksanakan 2 tahun sekali.

“Seleksi silat ini terdiri dari 15 kelas, 8 kelas untuk putri dan 7 kelas untuk putra, para juara nantinya akan mewakili Ciamis di tingkat Provinsi,” ucapnya.(Herdi/PasundanNews.com)

Artikulli paraprakCianjur Waspada Demam Berdarah, Enam Orang Meninggal Dunia
Artikulli tjetërGerakan Pangan Murah, Upaya Pemda Pangandaran Hadirkan Jawaban Kenaikan Bahan Pokok