Kegiatan pelatihan Kewirausahaan dan Digitalisasi UMKM, diselenggarakan Dinas Koperasi UKM dan Perdagangan Kabupaten Ciamis, Rabu (21/10/2020). Foto/Dok. PasundanNews.com

BERITA CIAMIS, PASUNDANNEWS.COM – Dinas Koperasi, UKM dan Perdagangan Kabupaten Ciamis menggelar kegiatan Pelatihan Kewirausahaan dan Digitalisasi UMKM, Rabu (21/10/2020).

Kegiatan tersebut berlangsung selama tiga hari dan diikuti oleh 25 orang pelaku usaha kecil menengah, bertempat di Aula Desa Bendasari, Kecamatan Sadananya Ciamis.

Kabid Koperasi dan UKM Dinas Koperasi, UKM dan Perdagangan Kabupaten Ciamis, Ida mengatakan, penyelenggaraan kegiatan tersebut memberikan pengetahuan dan keterampilan kepada pelaku UKM yang bersifat real kondisi nyata secara berkesinambungan.

“Sesuai dengan Undang-Undang No 20 tahun 2008 tentang usaha mikro, kecil dan menengah perlu diselenggarakan secara menyeluruh, optimal dan berkesinambungan. Maka dari itu kami berupaya melakukan bimbingan dan pembinaan terhadap pelaku UMKM melalui kegiatan ini,” katanya.

Ida menjelaskan, tujuan kegiatan ini untuk menyiapkan pelaku UMKM agar memiliki kompetensi dan kapasitas lebih baik lagi dalam pengelolaan usahanya.

“Dalam rangka meningkatkan kompetensi dan kapasitas pelaku UMKM, serta daya saing untuk dapat memajukan dan meningkatkan kegiatan usahanya mulai dari skala mikro menjadi kecil dan bisa go digitalisasi,” jelasnya.

Kegiatan tersebut juga bertujuan untuk membuka peluang kemitraan, dengan saling mempromosikan produk yang ada, serta meningkatkan motivasi dan kepercayaan diri dalam menjalankan usaha.

“Hal ini merupakan wujud dukungan Pemkab Ciamis melalui Dinas terhadap pengembangan UMKM di Ciamis agar produk-produknya dapat lebih dikenal luas dan mampu bersaing di pasar nasional maupun global,”

Dalam kegiatan pelatihan ini juga, lanjut Ida, sengaja mengundang beberapa narasumber atau pemateri yang dianggap penting dalam hal pemasaran, pengelolaan, perizinan serta kesehatan bagi produk UMKM yang nanti akan di pasarkan.

“Narasumbernya ada dari Dinas Ketenagakerjaan, Dinas Kesehatan, Tim Manajemen Shopee dan dari Dinas Perizinan,” ungkapnya.

Melalui kegiatan pelatihan ini, ida berharap, bisa memberikan pengetahuan dan ketrampilan yang bersifat nyata kepada para pelaku UMKM Ciamis.

“Peran strategis UMKM ditengah ekonomi nasional ini telah membuktikan kontribusinya di samping menjadi sumber penghasilan bagi masyarakat juga menyerap lapangan kerja, maka diharapkan peserta dapat mengikutinya dengan sungguh-sungguh,” pungkasnya. (Hendry/PasundanNews.com)

Artikulli paraprakSempat di Guyur Hujan, Sosialisasi Program Bangga Kencana Tetap Jalan
Artikulli tjetërAnggota Polres Cianjur Ikuti Rapid Tes, dan Sosialisasikan 3M