Kepala Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Ciamis, Okta Jabal Nugraha (kanan) saat menyerahkan sertifikat secara simbolis kepada salah satu peserta Program Pelatihan dan Produktivitas Kerja di Kecamatan Banjaranyar. Foto/Istimewa

BERITA CIAMIS, PASUNDANNEWS.COM – Dalam rangka meningkatkan kompetensi Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Ciamis melaksanakan Program Pelatihan dan Produktivitas Kerja bagi Masyarakat.

Hal tersebut bertujuan untuk keahlian angkatan kerja dan kewirausahaan bagi masyarakat agar bisa meningkatkan perekonomian, khususnya di bidang konsentrasi Kejuruan Otomotif.

Kegiatan ini bersumber dari APBD TA 2022, bertempat di Desa Tanjungsari, Kecamatan Banjaranyar, Kabupaten Ciamis dengan waktu pelaksanaan selama 12 – 24 September.

Kepala Disnaker Ciamis, Okta Jabal Nugraha mengatakan sektor ketenagakerjaan erat kaitannya dengan laju pertumbuhan ekonomi. Hal itu menjadi salah satu alasan mengapa program ini dilaksanakan.

“Untuk itu memiliki peran penting dalam membangun perekonomian berbasis pemberdayaan masyarakat dengan potensi unggulan lokal dalam membangun pertumbuhan ekonomi masyarakat,” terangnya dalam keterangan tertulis yang diterima PasundanNews.com, Sabtu (24/9/2022).

Okta melanjutkan, hal ini sesuai dengan visi misi Bupati dalam komitmennya membangun Kabupaten Ciamis.

“Sesuai arahan Pak Bupati Ciamis, pemerintah daerah melalui Dinas Tenaga Kerja, salah satu fungsinya melaksanakan program pelatihan dan produktivas kerja bagi masyarakat. Ini merupakan wujud implementasi dari visi misi Bupati Ciamis dalam RJPMD Kabupaten Ciamis,” paparnya.

Okta berharap, program ini dapat meningkatkan kualitas SDM dan berdampak bagi perekonomian masyarakat, apalagi sebelumnya aktifitas ekonomi sempat terhenti oleh Covid-19.

“Manfaat dan harapan dari program ini dapat meningkatkan kualitas dan kompetensi SDM. Selain itu juga mendidik dan mengembangkan kewirausahaan bagi masyarakat. Sehingga penyerapan tenaga kerja di Kabupaten Ciamis menjadi naik, pendapatan masyarakat meningkat, dan tingkat pengangguran juga berkurang,” tutupnya. (Hendri/PasundanNews.com)

Artikel sebelumyaFIFA Matchday Pekan Ini, Curacao Akan Bertandang ke Indonesia
Artikel berikutnyaHasil Liga 3 2022/2023: PSGC Curi Poin dari Depok United, Skor Akhir 2-0