Ruang ATCS Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Ciamis. Foto/Istimewa

BERITA CIAMIS, PASUNDANNEWS.COM – Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Ciamis memantau arus lalu lintas di jalur mudik menggunakan ACTS.

ATCS (Area Traffic Control System) ini diterapkan di setiap tempat sebagai sistem kendali.

Selain itu juga Dishub Ciamis turut memantau arus lalu lintas kendaraan di jalur mudik agar lancar dan aman menjelang hari raya idul fitri tahun 1445 Hijriyah.

“Dengan adanya CCTV di ATCS, kami bisa mengontrol apabila ada kemacetan,” kata Kepala Dishub Ciamis Dadang Mulyatna, S.Sos, M.Si., kepada PasundanNews.com, Jumat (5/4/2024).

Ia melanjutkan perangkat ATCS itu dipasang setiap persimpangan jalan di Ciamis.

Serta titik rawan kemacetan yang berfungsi memberikan peringatan langsung kepada pengguna jalan.

Dalam memantau arus lalu lintas di jalur mudik, Dadang menjelaskan, laporan dari Posko Induk Dishub Kabupaten Ciamis nampak arus lalin terlihat ramai lancar.

“Untuk arus lalin, saat ini mengalami kenaikan volume, dari arah Jabodetabek menuju Jawa Tengah, masih didominasi oleh angkutan pribadi roda dua maupun roda empat,” katanya.

Sementara itu, dari arah Jawa Tengah masih terpantau ramai. terlihat kendaraan didominasi oleh roda dua dan roda empat.

“Total jumlah kendaraan dari dua arah yang melintas sampai dengan siang ini sebanyak 175.000 lebih, dari arah Jabodetabek 93.000, dari arah Jawa Tengah 82.000 lebih,” terangnya.

Masjid Agung Ciamis Bisa Menjadi Rest Area bagi Pemudik 

Ia juga menginformasikan bagi para pemudik, agar dapat beribadah sekaligus beristirahat dengan nyaman di Masjid Agung Kabupaten Ciamis.

“Masjid Agung Ciamis merupakan masjid yang sangat ikonik. Bagi para pengunjung tentunya sudah tidak asing lagi. Masjid ini pasti dilalui oleh para pemudik dari arah Bandung menuju Jawa Tengah,” sebutnya.

Diketahui, masjid tersebut terletak di depan Kantor Bupati Ciamis, dan Alun-alun Ciamis.

“Sehingga bagi masyarakat yang ingin beribadah, mengunjungi maupun beristirahat sejenak di Masjid Agung Ciamis dapat sekaligus mengunjungi Alun-alun Ciamis,” kata Dadang.

Tempat ini pun, lanjutnya, bisa menjadi pilihan bagi para pemudik untuk beristirahat sejenak.

“Kami himbau bagi para pemudik, yang melaksanakan perjalanan jauh untuk tetap menjaga stamina dengan beristirahat dengan cukup,” tuturnya.

Ia juga mengucapkan, bagi para pengendara untuk selalu berhati-hati saat di perjalanan.

“Lengkapi surat-surat kendaraan, dan beristirahatlah jika lelah, mari nikmati mudik ceria penuh makna,” pungkasnya.(Hendri/PasundanNews.com)

Artikulli paraprakPilkada Pangandaran 2024, Berikut Syarat yang Perlu Dilengkapi Calon Jalur Independen
Artikulli tjetërGP Anshor Banjarsari Bagikan Takjil, Upaya Tolong Menolong kepada Sesama