BERITA CIAMIS, PASUNDANNEWS.COM – Dalam rangka Recheking Unggulan 5 (lima) Lomba 10 Program PKK tahun 2022, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Kabupaten Ciamis persiapkan Lomba Taman Bacaan Masyarakat.

Untuk diketahui, Lomba Taman Bacaan Masyarakat tersebut masuk ke dalam lima unggulan lomba 10 Program PKK Kabupaten Ciamis tahun 2022.

Dalam upaya recheking unggulan, berdasarkan surat yang dikeluarkan oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa dengan Nomor : 005/1190-DPMD.4, bersifat penting, tertanggal Rabu 12 Oktober 2022.

“Bahwa hasil penilaian lima program dengan sasaran penilaian makalah pelaksanaan di tingkat Desa/Kelurahan dan video kegiatan di 27 Kabupaten/Kota se-Jawa Barat telah ditetapkan dan berhasil masuk menjadi unggulan untuk penilaian tahap II (Recheking).

Guna menetapkan Juara I, II, III dan Harapan I,II,III,” tulis surat tersebut sebagaimana keterangan yang diterima PasundanNews.com, Kamis (13/10/2022).

Guna mengikuti recheking itu, Diperpuska Ciamis diundang untuk menghadiri acara tersebut pada, Kamis 13 Oktober 2022, bertempat di Desa Kawalimukti Kecamatan Kawali.

Kesiapan Dinas Perpuska Ciamis

Sementara itu, secara terpisah, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Ciamis, Drs. H. Dondon Rudiana M.Si menjelaskan terkait kesiapan Diperpuska dalam rangka recheking unggulan 5 Lomba 10 Program PKK Tahun 2022.

“Melaksanakan pembinaan tentang pengelolaan, penataan dan layanan TBM (Taman Bacaan Masyarakat) yang dikelola oleh TIM Penggerak PKK Mekar Laksana di Dusun Pari Desa Linggapura secara berkala,” kata Dondon sebagaimana keterangan tetulis yang diterima PasundanNews.com, Kamis (13/10/2022).

Ia melanjutkan, TBM yang didirikan di tengah-tengah masyarakat dan atau komunitas membaca (community based library) dikelola dengan sangat secara sederhana, melalui swakarsa, swadana dan swasembada oleh masyarakat.

“Meskipun pengelolaannya masih sederhana, tetapi bertujuan untuk lebih memberikan akses pelayanan bahan bacaan kepada masyarakat sebagai sarana pembelajaran dalam rangka meningkatkan taraf hidup masyarakat,” terangnya.

Disamping itu juga, kata Dondon, Taman Bacaan Masyarakat diharapkan dapat secara langsung mempromosikan kebiasaan gemar membaca dengan menyediakan ruang untuk membaca, berdiskusi, menulis, dan berbagai aktivitas kegiatan lain yang bermanfaat secara mandiri.

Lalu, kesiapan yang kedua, lanjut Dondon, untuk menambah ragam koleksi bahan pustaka di TBM (Taman Bacaan Masyarakat), Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Ciamis juga memberikan bantuan melalui Kerjasama SILANG LAYAN.

“Tujuan dari kerjasama ini yaitu untuk mendayagunakan agar koleksi yang dimiliki perpustakaan dapat dimanfaatkan semaksimal mungkin oleh masyarakat/pemustaka, bukan saja perpustakaan umum daerah saja yang dapat memberikan kesempatan lebih luas untuk dapat mempunyai akses ke sumber informasi yang dimiliki tetapi juga perpustakaan lain khususnya TBM yang berada lebih dekat
dengan masyarakat,” paparnya.

Langkah yang ketiga, tambah Dondon, TBM sebagai sarana dalam mengimplementasikan program perpus dengan program yang lainya.

“Menjadikan TBM sebagai sarana implementatif secara kolaboratif dan terintegrasi sebagai bagian dari penerapan inklusi sosial,” tandas Dondon.(Herdi/PasundanNews.com)

Artikulli paraprakKetua TP PKK Sambut Team Recheking Provinsi Jawa Barat
Artikulli tjetërGOW dan Persikindo Ciamis Harapkan Menjadi Motor Penggerak Perekonomian di Daerah