Kepala Bidang Destinasi Wisata, Dinas Pariwisata Kabupaten Ciamis, Dian Kusdiana, M.M. Foto/PasundanNews.com

BERITA CIAMIS, PASUNDANNEWS.COM – Kepala Bidang (Kabid) Destinasi Wisata, Dinas Pariwisata Kabupaten Ciamis, Dian Kusdiana menyebutkan ada 6 destinasi wisata di Ciamis yang sudah memiliki sertifikat CHSE.

Keenam destinasi wisata Ciamis yang sudah memiliki sertifikat CHSE atau Cleanliness, Health, Safety, Environment Sustainability antara lain hotel, cafe, dan 3 destinasi wisata.

“Ada satu hotel, satu cafe, satu homestay dan 3 lagi destinasi wisata lain yang sudah memiliki sertifikat CHSE,” kata Dian, Selasa (12/10/2021).

Dian menuturkan, CHSE harus diberlakukan bagi pelaku destinasi wisata Ciamis, baik restoran, tempat makan, cafe dan lainnya.

Ia mengatakan, destinasi wisata yang telah mempunyai sertifikat CHSE maka aman untuk dikunjungi.

“Karena kebersihan, kesehatan, keamanan dan juga ramah lingkungannya sudah pasti terjaga dengan sangat baik,” katanya.

Dian menjelaskan, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif telah memberikan subsidi (gratis) bagi pelaku destinasi wisata yang ingin memiliki sertifikat CHSE.

“Namun memang ke depan program tersebut akan berbayar. Prinsipnya sertifikat CHSE ini harus diberlakukan ke semua objek wisata,” jelasnya.

Dian juga menyebutkan, jumlah potensi destinasi wisata yang tersebar di Kabupaten Ciamis tercatat sebanyak 146.

“Sementara yang sudah berjalan ada sekitar 40 destinasi wisata,” katanya.

Pihaknya pun secara bertahap akan melakukan verifikasi dan pembenahan objek wisata, baik dari sisi pengelolaannya maupun penataan lainnya.

Hal tersebut agar objek wisata bisa menjamin keamanan bagi pengunjung, dan pengelola wisata juga nantinya akan mendapatkan keuntungan.

“Upaya ini untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan. Mengimbau juga seluruh pelaku objek wisata untuk selalu menjaga keamanan dan ketertiban tempat wisatanya” pungkasnya.

Artikulli paraprakAtlet Pencak Silat Asal Ciamis Ini Sukses Raih Medali Perak di PON XX Papua
Artikulli tjetërPWI KBB Kokohkan Sinergitas Dengan Berbagai Stakeholder