Danrem 061 Suryakencana Brigjen TNI Agus Subiyanto didampingi Dandim 0608/Cianjur Letkol Inf Rendra Dwi Ardhani meninjau langsung lokasi TMMD Cikalongkulon. (foto: Farhaan)

PasundanNews, Cianjur – Danrem 061 Suryakencana Brigjen TNI Agus Subiyanto didampingi Dandim 0608/Cianjur Letkol Inf Rendra Dwi Ardhani meninjau langsung lokasi TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 107 di Desa Mekarmulya, Kecamatan Cikalongkulon, Kabupaten Cianjur, Sabtu (4/4/2020). Disela-sela kunjungan Danrem pun menyampaikan kepada masyarakat mengenai upaya pencegahan penyebaran wabah covid -19.

Danrem 061 Suryakencana Brigjen TNI Agus Subiyanto menyambut baik terlaksananya program TMMD ke 107 di Desa Mekarmulya, Kecamatan Cikalongkulon, Kabupaten Cianjur. Dalam pelaksanaanya ada sasaran fisik di antaranya pembangunan jalan, rehabilitasi pos kamling, dan pembangunan rumah tak layak huni.

“Untuk hari ini kami gelar acara pembagian sembako, dan penyuluhan kesehatan termasuk waspada covid-19. Hal ini merupakan bagian dari program non fisik,” katanya disela – sela kegiatan

Dalam praktik sehari-hari ia juga mengimbau agar warga tetap menjaga jarak, menjaga kesehatan dan tetap mengonsumsi makanan sehat bergizi.

“Dalam membantu warga memenuhi kebutuhan gizi makanan, Danrem 061 Suryakancana bersama Dandim 0608 Cianjur membagikan sembako kepada warga,” ujarnya.

Ditambahkannya saat di lokasi TMMD Agus menyampaikan bahwa kondisi negara sedang dilanda wabah covid-19. Kepada warga Kampung Cijati, Desa Mekarmulya, Kecamatan Cikalongkulon agar tetap berdiam diri di rumah.

“Di Bogor sudah ada 22 warga meninggal, rata-rata mereka yang membawa penyakit dari zona merah Jakarta. Saya berdoa dan berharap mudah – mudahan bencana selesai, sehingga bisa melaksanakan aktivitas kegiatan sediakala seperti anak anak bisa bersekolah, masyarakat bisa bekerja dan perekonomian bisa stabil kembali,” paparnya.

Menurutnya sebagai langkah keseriusan TNI dalam penanganan covid -19 sebanyak 1.200 personel TNI di bawah Korem 061 Suryakancana kemarin telah menjalani rapid tes, hasilnya semua negatif.

“Selain itu, setiap satuan Komando Distrik Militer sudah diberlakukan prosedur pencegahan seperti penyemprotan, sterilisasi, dan pemeliharaan kesehatan. Arahan untuk pencegahan penyakit corona termasuk prosedur masuk kantor sudah dilakukan dengan baik, saat ini kami juga menyampaikan sosialisasi pencegahan penyakit corona,” kata Agus.

Sebelumnya ke lokasi TMMD, Danrem bersama rombongan melakukan ziarah ke Makam Raden Aria Wiratanudatar yang juga bupati Cianjur pertama. Diakuinya ziarah disini merupakan upaya dalam menghargai sejarah.

“Dengan mencintai sejarah berarti kita mencintai Indonesia,” ujarnya.

Sementara itu Komandan Kodim (Dandim) 0608 Cianjur, Letkol Inf Rendra Dwi Ardhani mengungkapkan, kegiatan TMMD ke 107 di Desa Mekarmulya, Kecamatan Cikalongkulon, Kabupaten Cianjur di antaranya pengerasan jalan beton, pembangunan empat unit rumah tidak layak huni (rutilahu), dan rehab tempat ibadah, dan renovasi mck.

“Selain pembangunan tadi, TNI yang bertugas pada pelaksanaan TMMD memberikan penyuluhan kepada masyarakat mengenai beberapa aspek seperti hukum dan kesehatan,” paparnya.

Lanjut Dandim, ada sebanyak 25 orang penduduk di lokasi yang di rumahnya akan tinggal bersama TNI selama pelaksanaan TMMD dilakukan.

“Selama 30 hari dimulai dari 16 Maret sampai 14 April, anggota TNI bersama mahasiswa akan memberikan penyuluhan dan pengalaman bagi masyarakat itu sendiri,” ungkapnya.

Seorang warga Kampung Cijati, Nining Anggraeni (45), bersyukur mendapat bantuan sembako.

“Kami tak kemana-mana di kampung saja, jadi ada bantuan seperti ini kami sangat berterima kasih kepada Pa Dandim dan Pa Danrem,” tandasnya.

(FHN)

Artikulli paraprakAnggota DPRD Cimahi Ajak Warga Gotong Royong Putus Mata Rantai Covid-19
Artikulli tjetërEkonomi dan Ketenagakerjaan di Tengah Pandemi Covid 19