Beranda Opini Covid-19 dan Kuliah Online

Covid-19 dan Kuliah Online

PASUNDANNEWS – Hampir semua mahasiswa di Indonesia pada saat ini, saya dan teman-teman saya juga terkena dampak dari pada wabah virus covid 19 ini karena kami tidak bisa melaksanakan perkuliahan dengan sebagaimana mestinya. Kami merasakan bahwa perkuliahan yang dilakukan melalui online tidak semudah yang di bayangkan.

Kerja keras para mahasiswa selama ini sangat melelahkan karena harus mengejar perkuliahan secara online dengan deadline waktu yang sangat singkat ini membuat para mahasiswa harus berpikir ekstra dalam mengikuti perkuliahan secara online ini.

Sistem perkuliahan online ini tidak mudah seperti apa yang dibayangkan. Disamping kita harus mempunyai koneksi internet yang stabil ditambah tidak adanya fasilitas yang disediakan oleh pihak kampus itu sendiri.

Banyak mahasiswa mengeluhkan proses perkuliahan ini dilakukan secara online. Mulai merasakan bosan dengan system ini, banyak tugas yang diberikan dosen dan kerinduan untuk berjumpa dengan kawan-kawan serta ingin menikmati kuliah tatap muka yang sesuai dengan yang mereka rasakan sebelumnya.

Kadang-kadang tugas yang di berikan sudah melebihi kapasitas. Belum selesai tugas yang satu, saya sudah mendapatkan lagi tugas yang lain, banyak teman saya yang mengeluhkan sinyal internet yang tidak stabil kompilasi yang sedang berlangsung, semakin banyak mata kuliah yang tidak dipahami karena tidak stabilnya jaringan internet.

Apalagi kalau ada teman-teman yang rumahnya di pelosok yang agak susah sinyal, kadang-kadang banyaknya materi yang tidak jelas, itu akan membuat terhambatnya proses perkulihan itu sendiri.

Tidak hanya itu banyak masalah lain yang terjadi, Sebagian besar dari kuota internet. Perkuliahan berani memanfaatkan beberapa via aplikasi yang menurut saya membutuhkan begitu banyak kuota tambahan untuk review satu mata kuliah. Bayangkan jika dalam satu minggu semua mata kuliah melakukan pertemuan secara online pasti sangat boros penggunaan kuota internet.

Jadi dampak dari pada wabah virus covid-19 ini membuat semua mahasiswa khususnya saya pribadi mengalami keresahan dan kemunduran dalam belajar. Kita doakan saja semoga pandemic Covid-19 ini segera berakhir dan kami dapat Kembali melakukan perkuliahan untuk kemajuan yang lebih efektif dan efisien.

Penulis: Yudi Nurul Anwar
(Ketua Umum HMI Kom. Univ. Nusa Putera)