Bupati Ciamis, Dr. H. Herdiat Sunarya. Foto/Istimewa

BERITA CIAMIS, PASUNDANNEWS.COM – Ciamis memiliki banyak potensi budaya dan pariwisata yang menjadi aset daerah Tatar Galuh.

Dalam pengembangannya, Pemerintah Kabupaten Ciamis terus melakukan inovasi guna potensi tersebut menjadi daya tarik tersendiri.

Dalam hal budaya dan pariwisata, daya tarik itu sebagai upaya menarik minat pengunjung lokal maupun global.

Mengingat Ciamis saat ini tengah fokus untuk melakukan segala pengembangan dari berbagai sektor termasuk budaya dan wisata.

Launching Calendar of Event tahun 2024 merupakan platform informasi yang menyajikan jadwal sejumlah event kebudayaan dan wisata di Kabupaten Ciamis.

Kegiatan tersebut diselenggarakan pada Selasa (20/2/2024) malam bertempat di Gedung Kesenian Kabupaten Ciamis.

Turut hadir Bupati Ciamis, Wakil Bupati Ciamis, Sekretaris Daerah Ciamis, Unsur Forkopimda, Kadisparbud Jabar, para Kepala OPD, para tokoh masyarakat dan kebudayaan juga beserta tamu undangan lainnya.

Diketahui, Calendar of Event tersebut akan menyampaikan berbagai event yang akan digelar di Kabupaten Ciamis pada tahun 2024.

Mulai dari event budaya, minat khusus, sejarah dan juga ekonomi kreatif.

Penyelenggaraan event seni budaya pariwisata yang tumbuh berkembang di tengah masyarakat Kabupaten Ciamis akan menjadi aset yang bagus, apabila dikelola dengan baik.

Hal ini akan membawa dampak besar dalam menambah kunjungan wisatawan di Ciamis.

Saat membuka kegiatan, Bupati Ciamis Dr. H. Herdiat Sunarya dalam sambutannya menyampaikan apresiasi yang positif atas terselenggaranya kegiatan launching calendar of event kabupaten Ciamis tahun 2024.

“Penyelenggaraan event pariwisata memang mutlak harus disusun dalam sebuah calender of event, dengan di-launchingnya kalender event akan mempermudah wisatawan dalam mengetahui event-event pariwisata yang ada di Kabupaten Ciamis disamping tujuan mereka datang untuk melihat destinasi wisata dan ekonomi kreatifnya,” papar Herdiat.

“Kegiatan ini juga diharapkan mampu memberikan pemahaman dan pengetahuan kepada wisatawan sehingga tergerak untuk dapat berkunjung ke tatar Galuh yang kita cintai,” imbuhnya.

Ciamis Punya Aset Potensial

Ciamis punya aset potensial, hal itu ditegaskan oleh Bupati Herdiat.

Dalam penuturannya, ia pun mengungkapkan bahwa Tatar Galuh Ciamis dianugrahi dengan kekayaan alam, budaya, tradisi, dan ekonomi kreatif.

Di sisi lain juga, di dalamnya terdapat berbagai kegiatan penyelenggaraan acara yang bernuansa tradisi atau budaya sampai dengan yang modern/kontemporer.

Sebagai informasi, penyusunan kalender event tersebut juga merupakan hasil sinergi dari berbagai stakeholder di Kabupaten Ciamis.

Kurasi event se-Kabupaten Ciamis mulai dari tahap inventarisasi data. Sehingga terkumpul sebanyak 127 event yang diperoleh dari 33 OPD, 17 Kecamatan, 1 Desa Wisata dan 1 Komunitas event.

Kemudian, tahap kurasi diselenggarakan pada tanggal 29 Januari 2024 dengan melibatkan tim ahli/kurator, yaitu Drs. Endang Haris Juandana, MM., Ketua Badan Promosi Pariwisata Daerah Kabupaten Ciamis.

Kemudian Eman Hermansyah, S.Pd., Pamong Budaya Ahli Muda, Disbudpora Kab. Ciamis, 3. Ir. R. Nugraha K. N. ST., MT., Dosen Teknik Industri, Fakultas Teknik Unigal.

Setelah tahap kurasi,akhirnya ditetapkan 26 event terpilih yang dibagi ke dalam 3 kategori, yaitu top event, rising star event dan special event.

Dalam acara tersebut dilaksanakan pula pembagian sertifikat Smilling West Java (SWJ) Ambassador Tahun 2023 asal Ciamis secara simbolis oleh Kepala Dinsa Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat. (Herdi/PasundanNews.com)

Artikulli paraprakProses Input Data Pemilu 2024, Bupati Ciamis Lakukan Pemantauan
Artikulli tjetërDPO Ucapkan ‘Selamat’ kepada Rohimat Resdiana atas Terpilihnya sebagai Anggota DPRD Kabupaten Pangandaran