Wakil Bupati Ciamis, Yana D Putra. Foto/Prokopim Setda Kabupaten Ciamis

BERITA CIAMIS, PASUNDANNEWS.COM – Wakil Bupati Ciamis, Yana D Putra meminta masyarakat untuk selalu waspada dan tetap perketat protokol kesehatan (prokes).

Wabup Yana mengatakan, penerapan PPKM Darurat tahap awal mengalami peningkatan baik, sehingga Kabupaten Ciamis saat ini masuk level 3 PPKM Darurat.

“Meski begitu, kami minta pada masyarakat untuk selalu waspada dan tetap perketat protokol kesehatan,” kata Yana.

Lebih lanjut Yana menjelaskan, meski Ciamis mengalami penurunan level, namun aturan pembatasan kegiatan masyarakat tetap pemerintah perketat.

Dalam menerapkan kebijakan PPKM level 3 ada perbedaan pembatasan dan pengetatan dari aturan sebelumnya.

“Ada beberapa pelonggaran, seperti rumah makan yang boleh makan di tempat tapi secara terbatas dengan waktu 30 menit dengan kapasitas 25 persen,” kata Yana.

Selain itu toko-toko juga bisa buka dengan batas waktu sampai dengan jam 15.00 WIB dan tetap menerapkan protokol kesehatan ketat.

Yana menambahkan, meski pertokoan sudah boleh buka namun untuk penutupan beberapa ruas jalan masih berlaku, tujuannya untuk mengurangi mobilitas masyarakat.

Adapun waktu penutupan ruas jalan, yakni pada pagi jam 08.00 WIB sampai 11.00 WIB dan sore pada jam 17.00 WIB sampai malam.

“Tempat pasilitas umum seperti Alun-alun Ciamis dan taman-taman lainnya juga masih tutup,” ucapnya.

Yana mengungkapkan, angka BOR atau Bed Occupancy Rate di Kabupaten Ciamis mengalami penurunan sejak pemerintah menerapkan kebijakan PPKM Darurat.

Selain itu, angka kesembuhan yang terpapar Covid-19 juga mengalami peningkatan dari sebelum pemerintah memberlakukan PPKM.

”Angka orang meninggal akibat Covid-19 masih cukup tinggi, namun memang yang meninggal ini kebanyakan dari luar Ciamis,” kata Yana.

Artikulli paraprakSekolah dan Pesantren Jadi Sentra Vaksinasi di Jabar
Artikulli tjetërTak Ada Kepastian, Pedagang Kota Bandung Kembali Berjualan