Foto/Istimewa

BERITA CIAMIS, PASUNDANNEWS.COM – Kabupaten Ciamis turut memenuhi stok telur ayam ras ke wilayah Kota Bogor Jawa Barat.

Hal ini sesuai dengan rata-rata kebutuhan masyarakat Bogor sekitar 2 ton sehari. Saat ini harga di pasaran masih Rp 32 ribu per kilogram (kg).

Berkenaan dengan ini, Pemerintah Kota Bogor memastikan kolaborasi dengan Kabupaten Ciamis dan daerah lain di Jawa Tengah.

“Kita sudah tanda tangani perjanjian dengan Kabupaten Ciamis dan Jawa Tengah untuk memasok telur ayam ras. Pemasok-pemasok sudah siap,” kata Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Bogor, Anas Rasmana seperti mengutip Warta Ekonomi, Selasa (30/8/2022).

Anas menerangkan dari sisi pasokan pangan, termasuk telur ayam ras, Kota Bogor mengandalkan dari daerah lain karena selayaknya kota, tidak memiliki cukup lahan pertanian dan peternakan.

Dari kebutuhan sekitar 2 ton per hari, sebanyak 80% atau 1.600 kilogram stok telur ayam disuplai dari daerah Provinsi Jawa Tengah.

Sementara itu, 20% sisanya, sekitar 400 kilogram dipenuhi peternak ayam petelur lokal Kota Bogor dan Kabupaten Ciamis.

Anas menjelaskan, masyarakat kota kebanyakan kurang nyaman dengan suasana peternakan.

Padatnya pembangunan kota membuat jarak satu rumah dengan rumah lain atau gedung lain cukup dekat, sehingga kotoran ternak mengganggu lingkungan.

Dengan adanya alasan tersebut, lanjut Anas, jumlah peternakan Kota Bogor tidak banyak. Ini menyebabkan pasokan bergantung pada daerah lain.

Menurut data Badan Pusat Statistik, bersumber dari DKPP Kota Bogor. Unggas yang banyak dipelihara adalah jenis ayam kampung, ayam ras petelur, ayam ras pedaging, dan itik. (Herdi/PasundanNews.com)

Artikulli paraprakKesejahteraan Guru RA di Ciamis Masih Terus Diupayakan
Artikulli tjetërDikalahkan PSM Makassar 5-1, Kapten Persib: Selama Bermain Ini Sangat Memalukan