Dinas Lingkungan Hidup (LH) Kota Banjar melakukan pemangkasan pohon di setiap ruas jalan, antisipasi pohon tumbang di musim penghujan. Foto/Hermanto.PasundanNews.com

BERITA BANJAR, PASUNDANNEWS.COM – Dinas Lingkungan Hidup (LH) Kota Banjar melakukan pemangkasan pohon di setiap ruas jalan. Hal ini dilakukan sebagai langkah preventif pada musim penghujan.

Pemangkasan pohon difokuskan pada pohon yang berada di tengah jalan (median), sebagai bagian dari strategi pengurangan risiko kecelakaan akibat tumbangnya pohon.

Kepala Dinas LH Kota Banjar, Eri K Wardhana, menjelaskan bahwa langkah ini merupakan upaya proaktif untuk memastikan keamanan warga dan kelancaran aktivitas sehari-hari.

“Langkah ini diambil untuk mencegah potensi pohon tumbang yang dapat mengganggu lalu lintas dan berpotensi menimbulkan bahaya bagi warga,” ujarnya kepada pasundannews.com, Sabtu (6/1/2024).

Meskipun pemangkasan dilakukan pada pohon di median jalan, Eri menekankan pentingnya berkoordinasi dengan instansi terkait untuk pohon besar di lokasi lainnya.

Koordinasi ini melibatkan beberapa instansi, termasuk BPBD, Dishub, Pol PP, dan Polres, guna memastikan kebijakan pemangkasan pohon dilaksanakan secara terkoordinasi dan efektif.

“Kami memangkas pohon yang ada dalam pemeliharaan, yakni yang berada di median (pulau) jalan. Untuk pohon di lokasi lainnya, kami akan berkoordinasi dengan beberapa instansi,” imbuhnya.

Eri menyampaikan harapannya agar langkah-langkah ini dapat memberikan dampak positif dalam meminimalisir risiko kecelakaan dan gangguan akibat pohon tumbang.

Koordinasi yang lebih erat dengan instansi terkait diharapkan dapat memperkuat sinergi dalam menjaga keamanan lingkungan kota Banjar, terutama saat menghadapi tantangan cuaca ekstrem.

Langkah proaktif ini menunjukkan komitmen Dinas Lingkungan Hidup Kota Banjar untuk memberikan perlindungan optimal kepada masyarakat. (Hernanto/PasundanNews.com)

Artikulli paraprakSebanyak 2 Ekor Lumba-lumba Terdampar di Pantai Karapyak, Awal Ditemukan Terlilit Tambang
Artikulli tjetërRemaja 14 Tahun Asal Pamarican Ciamis Diduga Menjadi Korban Hipnotis, Satu Unit Motor dan Dua HP Raib