Pelepasan petugas vaksinator oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Ciamis, Dr. H. Tatang di Halaman Kantor Dinas Perikanan dan Peternakan (Disnakan) Kabupaten Ciamis. Foto/PasundanNews.com

BERITA CIAMIS, PASUNDANNEWS.COM – Dalam rangka mencegah penularan wabah PMK (Penyakit Mulut dan Kaki) vaksinasi sasar 800 ekor sapi di Kabupaten Ciamis.

Vaksinasi PMK tersebut dilaksanakan oleh Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Ciamis.

Sejak Senin (27/6/2022), program vaksinasi dimulai. Secara resmi, Sekretaris Daerah Kabupaten Ciamis, H. Tatang, melepas Petugas Vaksinator.

Pelepasan itu bertempat di Halaman Disnakan Ciamis. Agar bertugas vaksinasi secara serentak untuk ratusan sapi yang tersebar seluruh kecamatan di Kabupaten Ciamis.

“Kegiatan vaksinasi khususnya hewan sapi, bisa menjamin keamanan serta kesehatan peternak sapi. Apalagi menjelang Idul Adha,” katanya.

Ia melanjutkan, vaksinasi khususnya sapi kali ini dilakukan secara bertahap baru 800 dosis untuk seluruh peternak di kabupaten Ciamis.

Selain itu, pihaknya pun hari ini menyebarkan 40 personel langsung ke lapangan. Adapun rinciannya, 5 dokter hewan, 14 tenaga paramedik, koordinator daerah 9 orang. Kemudian, 12 orang tenaga pelaporan.

“Para petugas disebar ke seluruh kecamatan, dengan target per hari mencapai 380 ekor sapi,” tuturnya.

Sementara itu, Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Ciamis, H. Syarief Nurhidayat mengatakan, telah menerima 800 dosis vaksin dari Pemerintahan Provinsi Jawa Barat.

“Untuk target Ciamis semua mencapai 6000 Vaksin. Secara bertahap untuk 800 dosis ini akan diprioritaskan terlebih dahulu. Sebelumnya tim sudah melakukan survey sekitar 800 dosis yang diperlukan,” terangnya.(Herdi/PasundanNews.com)

Artikel sebelumyaDalam Rangka Hari Jadi Ciamis Ke-380, OPD Ikuti Event Kejuaraan Tenis Meja
Artikel berikutnyaPentingnya Cerdas Bermedia Sosial, Diskominfo Ciamis Ajak Masyarakat Perangi Hoaks