Beranda Ciamis

Cara Pemkab Ciamis Optimalkan Promosi Pariwisata Ditengah Pandemi Covid-19

Kepala Bidang Pemasaran Dinas Pariwisata Kabupaten Ciamis, Toto Rismanto. Foto/Hendry.PasundanNews.com

CIAMIS, PASUNDANNEWS.COM – Pemerintah Kabupaten Ciamis melalui Dinas Pariwisata terus melakukan berbagai cara dalam mempromosikan sektor pariwisata di daerahnya.

Meski ditengah pandemi Covid-19 tidak menyurutkan pariwisata di Ciamis agar tetap eksis dan memberikan daya tarik bagi wisatawan baik lokal maupun mancanegara.

Kepala Bidang Pemasaran Dinas Pariwisata Ciamis, Toto Rismanto mengatakan, salah satu inovasi dalam mempromosikan wisata Ciamis dimasa pandemi ini yaitu dengan memanfaatkan digitalisasi.

“Melalui digitalisasi dan konten kreatif yang dikemas semenarik mungkin, justru bisa menjadi cara dalam promosi pariwisata ditengah pandemi Covid-19 saat ini,” kata Toto, Rabu (20/1/2021).

Dikatakan Toto, promosi pariwisata akan lebih efektif dan efisien jika dilakukan memalui digitalisasi konten kreatif menggunakan media sosial.

“Misalnya dengan membuat konten, vlog atau tiktok kemudian merilisnya di Instagram, Youtube Pariwisata, Jamparing, dan media sosial lainnya,” katanya.

Selain itu, promosi pariwisata bisa dilakukan dengan menggelar seni pertunjukan virtual. Promosi virtual ini mengarah pada kaum milenial yang dianggap sebagai pengguna media sosial dominan.

“Promosi virtual ini mengarah pada segmen kaum milenial. Oleh karena itu pada tahun 2020 lalu, kita sempat membuat Tourism Millennial Corner dengan dua kegiatan,” terangnya.

“Pertama, yaitu melalui kopi dengan tajuk Kopi Napas Nagari. Kemudian, melalui Wisata di Ciamis Aja dengan mengandeng komunitas otomotif roda empat,” lanjutnya.

Toto menjelaskan, dalam setiap kegiatan promosi wisata yang dilakukan tentu saja tidak menyalahi protokol kesehatan. Tidak ada gelaran seni pertunjukan dan pameran yang mengundang kerumunan.

‚ÄĚKita tidak diam. Kita manfaatkan momen ini untuk tetap melakukan promosi wisata. Bahkan kita mengajak kerjasama dengan Satgas Covid-19, memastikan kegiatan yang dilakukan sesuai dengan protokol kesehatan,” jelasnya.

Toto menambahkan, pihaknya akan terus melakukan berbagai cara dalam pemasaran promosi pariwisata yang ada di Ciamis. Dibutuhkan kerjasama semua pihak dalam mencapai tujuan yang diharapkan.

“Intinya, walaupun dimasa pandemi saat ini, dengan kerjasama dari semua pihak, pemasaran promosi pariwisata di Kabupaten Ciamis terus dilakukan” pungkasnya.