BERITA CIAMIS, PASUNDANNEWS.COM – Bupati Ciamis, Herdiat Sunarya, menyampaikan rancangan awal terkait perubahan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah ( RPJMD ) tahun anggaran 2019-2024 kepada DPRD, Selasa (23/02/2021).

Dalam penyampaiannya, Bupati Ciamis, Herdiat Sunarya menjelaskan, untuk membangun perekonomian pihaknya telah menyusun strategi dan kebijakan terkait peningkatan kualitas SDM dan kelembagaan.

“Selanjutnya pada konsep pembangunan kewilayahan, perubahan RPJMD tentunya akan bersinergi dengan rancangan RT RW Kabupaten Ciamis termasuk didalamnya mengatur SDA dan lingkungan hidup,” kata Herdiat.

Herdiat mengungkapkan, untuk bidang infrastruktur sampai saat ini juga masih tetap menjadi perhatian pemerintah daerah Kabupaten Ciamis.

“Kami juga menyadari masih banyak perbaikan-perbaikan yang harus dilakukan terkait dengan infrastruktur. Meski begitu, kami akan terus berupaya untuk mengoptimalkannya pencapaian target prioritas daerah,” ungkapnya.

Lanjut Herdiat, dalam meningkatkan pembangunan di Bidang pendidikan dan kesehatan pihaknya akan berupaya untuk meningkatkan akses dan kualitas layanan serta pelibatan masyarakat dengan didukung sarana prasarana yang memadai.

Selain itu, dalam meningkatkan pendapatan asli daerah atau PAD, pihaknya juga akan menerapkan beberapa kebijakan.

“Diantaranya intensifikasi dan ekstensifikasi pajak, pemberian biaya operasional dan insentif kepada OPD penghasil, menjelaskan tarif terhadap pajak daerah, Koordinasi secara sinergis, mendorong kinerja BUMD dan lain lain,” jelasnya.

Bupati Herdiat juga menyampaikan terkait penyesuaian penggunaan anggaran transfer ke daerah dan dana desa tahun anggaran 2021 akan dilakukan refocusing. Hal itu sesuai surat edaran Kementrian Keuangan RI No. SE-2/PK-/2021.

“Terkait penanganan dan pencegahan penyebaran Covid-19 pemerintah Kabupaten Ciamis telah berusaha sekuat tenaga mengerahkan sumber daya yang ada baik sumber daya manusia, peralatan termasuk anggaran” pungkasnya.

Artikulli paraprak23 orang Pegawai Dinas Pendidikan Kabupaten Ciamis Terkonfirmasi Positif Corona
Artikulli tjetërRidwan Kamil Tinjau Perbaikan Tanggul Sungai Citarum Jebol di Kabupaten Bekasi