Bupati Ciamis, Dr. H. Herdiat Sunanrya. Foto/Istimewa

BERITA CIAMIS, PASUNDANNEWS.COM – Bupati Ciamis, Herdiat Sunarya melaunching Badan Usaha Milik Desa (BUM Desa) Awards tingkat Kabupaten Ciamis.

Kegiatan tersebut dilakukan sebagai salah satu upaya dalam meningkatkan perekonomian lokal Desa tahun anggaran 2022.

Bertempat di Islamic Center Ciamis, Senin (23/5/2022), peresmian ditandai dengan pemukulan Gong oleh Bupati Ciamis.

Wakil Bupati Ciamis beserta jajaran Forkopimda turut mendampingi peresmian tersebut.

Kegiatan ini pun terlaksana atas kerjasama antara Pemkab Ciamis dan Kejaksaan Negeri Ciamis untuk menumbuhkan motivasi dan kinerja BUM Desa di seluruh Kabupaten Ciamis.

Herdiat Sunarya menyampaikan penghargaan dan apresiasi setinggi – tingginya kepada Kajari Ciamis yang telah menggagas acara launching BUM Desa Awards tersebut.

“Saya bersama Kajari pernah berbincang bersama. Gagasan beliau tentang BUM Desa Awards ini nyambung dan sejalan dengan Visi Misi Kabupaten Ciamis,” ucap Herdiat.

Ia mengatakan bahwa Kabupaten Ciamis dianugerahi sumber daya alam yang luar biasa. Sehingga potensi tersebut seharusnya dapat dioptimalkan dan dimanfaatkan oleh Desa.

“Kita menyadari sepenuhnya Ciamis ini dianugerahi alam yang luar biasa. Kita dapat memanfaatkan dan menggali potensi ini tentu akan menumbuhkan perekonomian Desa,” jelasnya.

Herdiat melanjutkan, hanya SDA yang tidak terpengaruh oleh adanya pandemi.

“Baik itu pertanian, perikanan maupun peternakan, sehingga menjadi peluang tumbuhnya perekonomian Desa jika mampu dikelola dengan baik,” terangnya.

Potensi Ciamis di Wilayah Pertanian

Hasil tani Ciamis sangat melimpah, kata Herdiat, baik sayuran, kopi dan bahkan penyuplai daging ayam terbesar di Jawa Barat.

“Tetapi di lapangan kita belum mampu mengelola secara terintegrasi,” ucapnya.

Lebih jauh lagi, Herdiat menuturkan, maju dan tidaknya BUM Desa tergantung kepada kemampuan Kepala Desa nya selaku Owner.

“BUMDes ini owner-nya Kepala Desa. Maju dan tidaknya bagaimana keberpihakan Kades,” imbuhnya.

Sekaligus Launching Buku Mengenai BUMDES

Dalam kesempatan yang sama, Bupati Ciamis ini pun sekaligus melaksanakan launching buku yang berkaitan dengan BUMDES. Buku tersebut merupakan karangannya bersama Dr. H. Kurniawan.

Dengan judul ‘Membangun Perekonomian Daerah pada Masa Pandemi melalui Optimalisasi Peran Badan Usaha Milik Desa (BUM desa)’.

“Berawal dari saat kondisi pandemi Covid-19, maka tersusunlah buku ini. Berdasarkan teori-teori dan pengalaman pribadi,” ungkapnya.

Herdiat berharap, dengan launchingnya buku tersebut dapat bermanfaat. Serta menambah ilmu dan wawasan bagi para pembacanya.

“Semoga buku ini dapat bermanfaat. Tidak hanya bagi masyarakat Kabupaten Ciamis tapi bagi seluruh masyarakat Indonesia pada umumnya,” pungkasnya.(Herdi/PasundanNews.com)

Artikulli paraprakWasekjen Demokrat Nilai Reog Ponorogo Khas Nusantara, Jangan Sampai di Klaim Bangsa Lain
Artikulli tjetërWTP, Kado Terindah Pemda KBB Jelang HUT Ke-15