Bupati Ciamis, Dr. H. Herdiat Sunarya. Foto/Ist.

BERITA CIAMIS, PASUNDANNEWS.COM – Bupati Ciamis mendorong penguatan ekonomi desa melalui dukungan terhadap BUMDes.

Salah satunya melalui kegiatan peningkatan kapasitas BUMDes atau BUMDesma tingkat Kabupaten Ciamis bertempat di Gedung K.H Irfan Hielmy, Kamis (22/6/2023).

Sebanyak 550 peserta yang merupakan direktur dan penasehat BUMDes atau BUMDesma se-Kabupaten Ciamis mengikuti kegiatan tersebut.

Menurut Herdiat, peningkatan SDM merupakan bagian terpenting dalam pengembangan BUMDes maupun BUMDesma.

“Pelatihan ini untuk peningkatan SDM, dan ini sangat penting, apalagi BUMDes merupakan salah satu profit desa, maka harus didukung dengan SDM yang baik,” ucapnya.

Herdiat melanjutkan, bahwa ketelitian dan kehati-hatian para pengelola BUMDes termasuk Direktur didalamnya sangat penting.

Hal itu lakukan agar bisa menghindari hal-hal yang tidak diharapkan mengingat yang dikelola adalah uang negara.

“Saya berharap tidak ada hal-hal yang tidak diinginkan bersama, apalagi muncul masalah-masalah hukum yang berkaitan dengan keuangan,” ujarnya.

Herdiat menyampaikan, BUMDes/BUMDesma ini secara merata turut mendongkrak laju pertumbuhan ekonomi Kabupaten Ciamis.

Herdiat mengungkapkan, dari 258 desa Kabupaten Ciamis semuanya sudah berdiri BUMDes/BUMDesma.

“Dari data itu, secara kelengkapan administrasi BUMDes ada yang harus dipenuhi.” terangnya.

Pengembangan Digitalisasi untuk BUMDes

Dalam pengembangannya Herdiat berharap kepada para pengelola BUMDes agar lebih memanfaatkan perkembangan teknologi dan digitalisasi, baik dalam hal pemasaran maupun pelayanan.

“Sekarang audah serba digital, saya berharap para pengelola BUMDes ini sudah mampu menerapkan aplikasi dalam melakukan pemasaran maupun pelayanan,” harapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas PMD Ciamis, Ape Ruswandana mengatakan, salah satu tujuan kegiatan ini adalah untuk memberikan motivasi pada BUMDes/BUMDesma LKD agar mampu mengembangkan strategi bisnis baru di era masa kini.

Selain itu, mempermudah pengambilan keputusan oleh pimpinan dalam melakukan kebijakan revitalisasi dan pengembangan BUMDesa /Bumdesma LKD di Kabupaten Ciamis.

“Dari Peningkatan Kapasitas ini, diharapkan dapat hadirnya BUMDesa/BUMDesma LKD yang berkontribusi dalam pemulihan ekonomi nasional khususnya masalah ekonomi desa. Serta diharapkan menjadi tulang punggung perekonomian mewujudkan kesejahteraan dan kemakmuran masyarakat desa,” paparnya. (Herdi/PasundanNews.com)

Artikulli paraprakKembali Torehkan Prestasi di Momen Hari Jadi, Pemkab Ciamis Terima Penghargaan dari Kemenkeu
Artikulli tjetërDinsos Ciamis Inisiasi Kolaborasi Pentahelix untuk Kesiapsiagaan Bencana