Puncak acara BUMDes Award serta pemberian Reward kecamatan dan desa mandiri Kabupaten Ciamis tahun 2022. Foto/Istimewa

BERITA CIAMIS, PASUNDANNEWS.COM – Pemerintah Kabupaten Ciamis meraih penghargaan Kecamatan dan Desa Mandiri tahun 2022.

Penyerahan penghargaan tersebut dalam acara BUMDes Awards yang terlaksana atas kerjasama antara Pemkab Ciamis melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) dengan Kejaksaan Negeri Ciamis.

Kegiatan bertujuan untuk menumbuhkan motivasi dan kinerja BUMDesa di seluruh Kabupaten Ciamis.

Untuk diketahui, kegiatan tersebut terlaksana dengan berbagai tahapan dimulai dari enam bulan yang lalu dan menghasilkan para juara.

Berkaitan dengan ini, Bupati Ciamis, Herdiat Sunarya pun menghadiri acara BUMDes Awards ini yang bertempat di Aula Sekretariat Daerah Kabupaten Ciamis, Senin (12/12/2022).

Dalam sambutannya, Herdiat menyampaikan rasa bahagianya atas terselenggaranya acara tersebut. Pasalnya acara bisa terlaksana berawal dari tantangan menghadapi Pandemi Covid-19.

“Suatu kebahagiaan bagi Pemkab Ciamis dapat menyelenggarakan kegiatan ini, yang berawal dari kita menghadapi tantangan pandemi Covid-19,” terangnya.

Namun, sambung Herdiat, para Kepala Desa dan Pimpinan BUMDes harus menjadikan momen ini sebagai tantangan dan suatu peluang.

“Bapak/Ibu juga dapat membuktikan bahwa laju pertumbuhan ekonomi Kabupaten Ciamis secara umum lebih baik dibanding Jawa Barat,” tambahnya.

Sejumlah Desa di Ciamis Raih Predikat Desa Mandiri

Herdiat menerangkan, bahwa di tahun 2022 ini ada 76 Desa yang mampu melompat dari kriteria Desa Maju menjadi Desa Mandiri.

Jika dibandingkan dengan tahun 2019 hanya terdapat 6 Desa Mandiri.

“Berbeda dengan tahun sekarang secara keseluruhan sudah mencapai 168 desa yang masuk kategori Desa Mandiri,” ungkap Herdiat.

Kemudian, ia juga membahas tentang inflasi dan resesi, menurutnya Kabupaten Ciamis sudah siap menghadapi resesi di tahun 2023, apalagi pada bidang pertanian dan peternakan.

“Saya yakin, untuk menghadapi resesi ke depan insya Allah kita sudah siap. Apalagi di bidang pertanian dan peternakan,” katanya.

Pada kesempatan yang sama, Direktur Pelayanan Investasi Kementerian Desa PDTT, Dr Supriyadi, M.Si menyampaikan apresiasinya kepada Pemkab Ciamis.

Mengenai inisiatif yang telah dilakukan, Kemendes PDTT memberikan penghargaan kepada desa-desa yang mampu meningkatkan kualitas pembangunan desa..

“Kami memberikan apresiasi atas inisiatif berkaitan dengan pemberian penghargaan kepada desa-desa yang mampu meningkatkan kualitas pembangunan desa menjadi desa mandiri,” terangnya.

Ia juga menyampaikan apresiasi kepada Pemkab Ciamis yang telah sukses penyelenggaraan BUMDes Award tahun 2022.

“Insya Allah akan kami sampaikan kepada sekjen. sehingga ini bisa menjadi model untuk upaya pembangunan desa, karena ini adalah era desa membangun, bukan membangun desa,” jelasnya.

Acara dilanjut dengan pemberian penghargaan BUMDes Awards serta penghargaan piagam dan lencana secara simbolis kepada peraih Desa Mandiri yang serahkan oleh Bupati Ciamis.

Adapun pemenang BUMDes Awards 2022 untuk Juara 1 diraih oleh BUMDes Panji Boma Desa Werasari. Juara 2 oleh BUMDes Maju Bersama Desa Bantarsari dan Juara 3 BUMDes Rahayu Waluya Desa Panjalu.(Herdi/PasundanNews.com)

Artikulli paraprakTabrakan Bus Sumber Jaya dengan Pengendara Motor di  Ciamis, Tiga Orang Tewas 
Artikulli tjetërBupati Ciamis Lantik Kades Sukajaya Rajadesa Terpilih