Wakil Bupati Ciamis Yana D Putra didampingi Ketua TP-PKK Kabupaten Ciamis Hj Kania Ernawati Herdiat membuka acara Puncak penilaian Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM). Foto/Istimewa

BERITA CIAMIS, PASUNDANNEWS.COM – Dalam acara puncak penilaian Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) digelar Produk Unggulan Desa se Kabupaten Ciamis.

Turut hadir Ketua Wakil Bupati Ciamis Yana D Putra didampingi TP-PKK Kabupaten Ciamis Hj Kania Ernawati Herdiat membuka acara secara resmi.

Selain itu, hadir juga sebagai tamu undangan, Wakil Walikota Banjar, Perwakilan Pimpinan Daerah Kabupaten Tasik, Kota Tasik, Kabupaten Majalengka, Kabupaten Kuningan, Kabupaten Garut serta Kabupaten Pangandaran.

Serta berbagai instansi daerah baik Kabupaten dan Provinsi bersama BUMD dan BUMN serta sejumlah pihak Perbankan.

Wakil Bupati Ciamis Yana D Putra dalam sambutannya mengucapkan selamat datang pada sejumlah pimpinan deerah yang telah hadir di acara BBGRM Tingkat Kabupaten Ciamis.

“Gelaran produk BBGRM ini merupakan puncak acara penilaian BBGRM Kabupaten Ciamis yang merupakan program akselerasi antara pemerintah Provinsi Jabar dengan Pemkab Ciamis,” ungkap Yana.

“Saya berharap gelar produk ini tidak dijadikan sasaran utama tapi jadikanlah sasaran antara, sebab sasaran utamanya adalah bagaimana masyarakat desa dapat hidup dengan potensi ekonominya sesuai dengan potensinya masing-masing,” lanjutnya.

Ia juga mengungkapkan Kabupaten Ciamis memiliki 258 desa dan 7 kelurahan sehingga pihaknya harus dapat menggali potensi yang ada di desa. Mengingat Kabupaten Ciamis memiliki potensi yang sangat kaya dari segi SDA dan pendukungnya.

“Kunci kesuksesan desa adalah bagaimana cara pemimpin dalam melakukan tata kelola desanya, tentu dengan penyesuaian- penyesuain sesuai dengan unggulan desanya masing-masing,” terang Yana.

“Saya berpesan kepada para kepala desa untuk senantiasa berinovasi dalam membangun desanya masing-masing.” ucapnya.

Wakil Bupati Yana juga mengungkapkan paling tidak ada 5 hal yang harus digaris bawahi dalam pembangunan desa. Pertama Membangun infrastruktur yang baik.

Kedua menggali potensi desa yang mampu dioptimalkan, ketiga mempersiapkan SDM yang berdaya sain, keempat pemanfaatan teknologi berbasis digital dan yang kelima membuat program yang berkelanjutan.

Dalam kesempatan tersebut juga diberikan sejumlah penghargaan terhadap 27 desa peserta Terbaik BBGRM Tingkat Kecamatan di Kabupaten Ciamis dengan peraih juara pertama dari Desa Jalatrang Kecamatan Cipaku.

(Herdi/PasundanNews.com)

Artikulli paraprakGebyar Maulid Nabi 1444 H, Bupati Herdiat: Momentum Gelorakan Gerakan Maghrib Mengaji
Artikulli tjetërLiga Champions : Prediksi Rangers vs Liverpool