Budayawan Banjar, Ki Demang. Foto/Hermanto.PasumdanNews.com

BERITA BANJAR, PASUNDANNEWS.COM – Ki Demang, seorang budayawan asal Kota Banjar, menegaskan bahwa budaya tidak hanya terbatas pada seni, tetapi juga memiliki dimensi yang jauh lebih luas. Ia menjelaskan, budaya itu artinya luas, bukan hanya dari sisi seni saja. Menurutnya, itu hanya sebagian kecil dari budaya.

Ki Demang mencontohkan pentingnya pengembangan budaya melalui inovasi lokal dengan mengutip produk lokal Banjar, Rambutan Si Batulawang.

“Contoh kita punya Rambutan Si Batulawang, yuk kita olah Rambutan tersebut untuk dijadikan aneka kuliner lainnya namun bahan dasar utama dari Rambutan itu sendiri, sehingga menjadi produk UMKM, nah itu juga masuk budaya,” ujarnya kepada pasundannews.com, Rabu (21/2/2024).

Dalam upayanya mempromosikan keberagaman budaya, Ki Demang menyuarakan harapannya. Ia berharap agar masyarakat dapat lebih menghargai dan memahami beragam aspek budaya yang ada di sekitar kita.

Kreativitas dan inovasi dalam mengembangkan budaya lokal juga perlu didorong agar dapat memberikan manfaat yang lebih besar bagi masyarakat dan perekonomian daerah.

“Pemerintah juga perlu memberikan dukungan yang lebih besar terhadap pelaku budaya lokal dan UMKM untuk dapat berkembang dan bersaing secara global. Dengan demikian, kita dapat memperkuat identitas budaya kita sendiri serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat secara keseluruhan,” katanya.

Ki Demang mengakhiri pernyataannya dengan mengajak semua pihak untuk bersama-sama membangun dan melestarikan kekayaan budaya yang dimiliki oleh Bangsa Indonesia.

“Mari kita jaga dan kembangkan budaya kita sebagai bagian dari warisan yang harus kita lestarikan untuk generasi mendatang,” pungkasnya. (Hermanto/PasundanNews.com)

Artikulli paraprakBambang Hidayah Muncul sebagai The Rising Star dalam Survei Elektabilitas Calon Wali Kota Banjar
Artikulli tjetërPerayaan Meriah Hari Jadi Kota Banjar ke-21, Warga Antusias Sambut Rangkaian Acara Spesial