BPBD Kabupaten Ciamis bersama warga Desa Sukahurip Kecamatan Cihaurbeuti gotong royong evakuasi material tanah yang menutupi jalan akibat longsor. Foto/Istimewa

BERITA CIAMIS, PASUNDANNEWS.COM – Warga Dusun Cidangiang, Desa Sukahurip, Kecamatan Cihaurbeuti, Kabupaten Ciamis gotong royong bersihkan jalan yang tertutup material tanah longsor.

Dalam gotong royong secara swadaya tersebut BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) Kabupaten Ciamis, TNI/Polri turut serta partisipasi dan evakuasi.

Diketahui, tanah longsor terjadi akibat hujan deras yang mengguyur Kecamatan Cihaurbeuti, Kabupaten Ciamis, pada Selasa 23 April pukul 02.00 WIB dini hari.

Tepatnya di Dusun Cidangiang, RT 04/RW 08, tanah longsor menutupi jalan Desa.

Kepala Desa Sukahurip, Kecamatan Cihaurbeuti, Abdul Hadi membenarkan saat dikonfirmasi melalui pesan singkat WhatsApp.

“Iya sekarang masih evakuasi, warga gotong royong bersama BPBD Ciamis, ada dari Babinkantibmas dan Babinsa,” ungkapnya kepada PasundanNews.com, Selasa (23/4/2024).

Selain itu, beberapa titik wilayah di Desa Sukahurip, Cihaurbeuti terdampak dari timbunan tanah longsor. Antara lain menimpa Dusun Palasari dan Dusun Cidangiang.

Di Dusun Palasari sendiri, tanah longsor menimpa rumah warga atas nama Engkus Maulana, RT 05/RW 09, Palasari, Cihaurbeuti.

Nampak bagian belakang rumah dan dapur jebol terkena material longsor. Rumah yang berisikan 5 orang itu, salah satunya ada 1 orang yang sakit, dan sudah dievakuasi ke rumah tetangga.

Lalu, di Dusun Cidangiang, RT 03/RW 08, Desa Sukahurip, tanah longsor menutupi saluran irigasi Lebak Jero. Akibatkan tertutupnya saluran irigasi.

(Hendri/PasundanNews.com)

Artikulli paraprakHujan Deras kembali Sebabkan Longsor di Cihaurbeuti Ciamis
Artikulli tjetërPemkab Ciamis Serahkan Bantuan kepada Warga Terdampak Longsor di Desa Sukahurip Cihaurbeuti